Mohon tunggu...
Sulistyawati
Sulistyawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya membaca novel

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Strategi Pemerolehan Bahasa Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus

24 Desember 2024   12:00 Diperbarui: 24 Desember 2024   11:40 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Pemerolehan bahasa merupakan proses penting untuk mengembangkan komunikasi dan interaksi sosial siswa. Namun, bagi siswa berkebutuhan khusus, proses ini seringkali memerlukan pendekatan yang berbeda dan lebih terstruktur. Kebutuhan khusus tersebut meliputi gangguan spektrum autisme (ASD), gangguan pendengaran, gangguan perkembangan intelektual, dan gangguan bahasa lainnya. Berikut strategi yang dapat digunakan untuk membuat siswa berkebutuhan khusus dalam belajar bahasa. 

1. Pendekatan Multisensori

Pendekatan multisensori melibatkan penggunaan berbagai indera seperti pendengaran, penglihatan, sentuhan, dan gerakan untuk mendukung pemerolehan bahasa.

Contohnya: Gunakan kartu bergambar, musik, gerakan tangan, dan alat bantu visual lainnya ketika mengajarkan kosa kata baru.

2. Komunikasi Keseluruhan

Strategi komunikasi secara keseluruhan memadukan berbagai metode komunikasi seperti: Bahasa Lisan, Bahasa Isyarat

3. Pendekatan Perilaku

Pendekatan ini berfokus pada penguatan perilaku positif melalui penguatan positif. dan perubahan perilaku.

Contohnya: Puji atau berikan penghargaan kepada siswa ketika mereka mengucapkan kata dengan benar, ajarkan keterampilan berbahasa selangkah demi selangkah menggunakan teknik Analisis Perilaku Terapan (ABA).

4. Bercerita dan Bermain Peran

Penggunaan cerita dan bermain peran membantu siswa memahami bahasa dalam konteks kehidupan nyata.

Contohnya: Membaca buku bergambar sederhana, Permainan peran (misalnya pergi ke toko, berinteraksi dengan teman).

Manfaatnya untuk meningkatkan pemahaman kosakata, meningkatkan keterampilan sosial, dan memperkuat keterampilan percakapan.

5. Terapi Wicara 

Terapi wicara sangat penting bagi siswa yang mengalami gangguan berbahasa. Ahli patologi wicara-bahasa bekerja secara individual untuk mengidentifikasi hambatan spesifik dalam pemerolehan bahasa. Memperkuat otot-otot mulut dan lidah untuk meningkatkan pengucapan.

6. Kolaborasi dengan Orang Tua dan Guru

Strategi pemerolehan bahasa yang efektif memerlukan kolaborasi antara guru, orang tua, dan profesional.

Langkah yang harus dilakukan:

1. Memberikan panduan aktivitas berbasis bahasa untuk dilakukan di rumah.

2. Melakukan komunikasi secara berkala untuk memantau kemajuan siswa.

Pemerolehan bahasa bagi siswa berkebutuhan khusus memerlukan pendekatan yang adaptif, fleksibel, dan individual. Strategi seperti komunikasi keseluruhan, pendekatan multisensori, dan terapi wicara dapat membantu siswa mengatasi hambatan komunikasi. Dengan dukungan yang tepat, siswa dapat mengembangkan kemampuan berbahasa yang paling sesuai dengan potensinya.

Penting untuk diingat bahwa setiap siswa adalah unik dan memerlukan metode yang sesuai dengan kebutuhannya. Kolaborasi antara keluarga, pendidik, dan profesional merupakan kunci keberhasilan mendukung perkembangan bahasa siswa berkebutuhan khusus.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun