Mohon tunggu...
043_ Audy Yourdiansyah Firdaus
043_ Audy Yourdiansyah Firdaus Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

aku suka kopi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perbandingan antara Evaluasi Internal dan Eksternal dalam Pendidikan: Pentingnya Kedua Pendekatan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

10 Juli 2024   12:50 Diperbarui: 10 Juli 2024   12:52 287
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Evaluasi adalah proses penting dalam pendidikan yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tujuan pendidikan telah tercapai dan untuk melakukan perbaikan berkelanjutan. Dalam pendidikan, evaluasi dapat dibedakan menjadi dua jenis: evaluasi internal dan evaluasi eksternal. Kedua pendekatan ini memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan dan memastikan bahwa tujuan pendidikan telah tercapai.

Evaluasi Internal

Evaluasi internal dilakukan oleh lembaga pendidikan sendiri untuk mengukur pencapaian standar mutu dan melakukan perbaikan berkelanjutan. Tujuan evaluasi internal adalah untuk mengetahui sejauh mana tujuan pendidikan telah tercapai dan untuk melakukan perbaikan pada proses pendidikan. Evaluasi internal dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti:

1.Pengukuran Hasil Belajar

Pengukuran hasil belajar siswa melalui tes dan ulangan dapat membantu lembaga pendidikan mengetahui sejauh mana tujuan pendidikan telah tercapai.Pengukuran hasil belajar dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai metode, seperti:

  • Tes Tulis: Tes tulis dapat digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menulis dan berpikir kritis.
  • Tes Lisan: Tes lisan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam berbicara dan berpikir kritis.
  • Tes Komputer: Tes komputer dapat digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menggunakan teknologi dan berpikir kritis.

2. Pengukuran Kinerja Guru

Pengukuran kinerja guru melalui penilaian kinerja guru dapat membantu lembaga pendidikan mengetahui sejauh mana tujuan pendidikan telah tercapai dan untuk melakukan perbaikan pada kinerja guru.Pengukuran kinerja guru dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai metode, seperti:

  • Penilaian Kinerja Guru: Penilaian kinerja guru dapat dilakukan dengan menggunakan skala penilaian yang telah ditentukan.
  • Observasi: Observasi dapat digunakan untuk mengukur kinerja guru dalam mengajar dan berinteraksi dengan siswa.

3.Pengukuran Kualitas Sarana dan Prasarana

Pengukuran kualitas sarana dan prasarana dapat membantu lembaga pendidikan mengetahui sejauh mana tujuan pendidikan telah tercapai dan untuk melakukan perbaikan pada sarana dan prasarana.Pengukuran kualitas sarana dan prasarana dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai metode, seperti:

  • Pengukuran Kualitas Ruang Kelas: Pengukuran kualitas ruang kelas dapat dilakukan dengan menggunakan skala penilaian yang telah ditentukan.
  • Pengukuran Kualitas Sarana: Pengukuran kualitas sarana dapat dilakukan dengan menggunakan skala penilaian yang telah ditentukan.

Evaluasi Eksternal

Evaluasi eksternal dilakukan oleh lembaga di luar pendidikan untuk mengetahui posisi mutu pendidikan terhadap standar mutu eksternal dan mendorong perbaikan mutu. Tujuan evaluasi eksternal adalah untuk mengetahui sejauh mana tujuan pendidikan telah tercapai dan untuk melakukan perbaikan pada mutu pendidikan. Evaluasi eksternal dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun