Mohon tunggu...
038_Ahmad Mujib Toharudin
038_Ahmad Mujib Toharudin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ahmad Mujib Toharudin 191410038

Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hassanudin Banten

Selanjutnya

Tutup

Money

Strategi Bauran Promosi dalam Pemasaran

26 Desember 2021   12:23 Diperbarui: 26 Desember 2021   12:28 367
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Strategi Bauran Promosi Dalam Pemasaran

Menurut pandangan Kothler manajemen pemasaran adalah suatu pelaksanaan, pengawasan, program, aturan program yang bertujuan untuk mengadakan sebuah pertukaran. Dan tentunya dengan prinsip-prinsip pasar yang dituju untuk mencapai tujuan organisasi.

Adapun cara atau langkah-langkah dalam Stategi Bauran Promosi yaitu :


1. Bauran promosi

Bauran promosi adalah sebuah panduan tata cara tentang spesifik periklanan, promo penjualan, hubungan masyarakat, penjualan tertentu, serta sarana pemasaran langsung yang hendak diaplikasikan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan suatu nilai persuasif dan membangun hubungan dengan pelanggan atau konsumen.

2. Penjualan Pribadi

Menurut Tjiptono personal selling atau penjualan pribadi adalah komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pembeli atau calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pembeli dan akan membentuk sebuah pemahaman calon pembeli terhadap produk agar mereka mencoba dan membelinya.

3. Periklanan

Iklan adalah bentuk yang tidak langsung dan di dasarkan pada informasi keunggulan atau keuntungan produk, sehingga menimbulkan rasa yang menyenangkan dan akan merubah pikiran untuk membeli produk.

4. Promosi Penjualan

Promosi Penjualan adalah suatu bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang bisa diatur untuk merangsang calon pembeli agar segera atau menambah jumlah produk yang akan dibeli.

5. Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung (direct marketing) ialah suatu hubungan secara langsung dengan calon pembeli atau konsumen. Individual yang ditargetkan secara hati-hati guna untuk meraih respon atau feedback yang baik dan mencapai hubungan pelanggan yang abadi.

6. Penelitian Terdahulu

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh bauran promosi yaitu : periklanan, promosi penjualan, pemasaran barang langsung, penjualan pribadi dan hubungan masyarakat berpengaruh positif terhadap konsumen. Pengaruh positif yang dimaksud adalah suatu keputusan atau tindakan yang dilakukan oleh konsumen untuk membeli barang atau produk yang kita jual dan juga mempengaruhi jumlah yang akan dibeli.

"Produk terbaik sekalipun tanpa strategi pemasaran yang handal hanya akan menjadi pajangan di gudang kumal"

#Dr.H.SyaefulBahri#

Artikel ini dibuat untuk mememnuhi tugas UAS Mata Kuliah Manajeman Pemasaran Syariah dengan Dosen pengampu Dr. H. Syaeful Bahri, S.Ag, M.M

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun