Â
PENGERTIAN
American Psychiatric Association menyatakan bahwa autisme adalah gangguan perkembangan neurobiologis kompleks yang memengaruhi cara individu berinteraksi dengan orang lain dan persepsi mereka terhadap dunia di sekitar mereka. Anak autis seringkali mengalami kesulitan dalam interaksi sosial dan komunikasi verbal dan nonverbal, serta memiliki keterbatasan minat dan perilaku berulang (National Autism Center, 2015).Â
Gangguan autistik pertama kali diidentifikasi oleh psikiater anak (Leo Kanner pada tahun 1940an (Kanner, 1943)). Sejak itu, pemahaman kita tentang ilmu autisme semakin mendalam, seiring dengan kemajuan dalam neurologi, genetika, dan ilmu perilaku. Meskipun penyebab pasti autisme masih belum sepenuhnya dipahami, para peneliti telah mengidentifikasi faktor genetik dan lingkungan yang berperan dalam perkembangan gangguan ini (Lai et al., 2014).Â
Anak autis mempunyai kebutuhan khusus yang memerlukan pengobatan dan dukungan yang tepat. Pemahaman mendalam tentang karakteristik autisme dan pendekatan intervensi yang efektif sangat penting untuk membantu anak-anak mencapai potensi penuh mereka dan menjalani kualitas hidup yang baik (National Research Council, 2001).
Anak autis seringkali kesulitan melakukan kontak mata yang konsisten dan nyaman dengan orang lain. Ini adalah salah satu ciri khas gangguan spektrum autisme (American Psychiatric Association, 2013).
Ada beberapa faktor yang menyebabkan anak autis menghindari kontak mata. :
* Â Â Â Â Kesulitan dalam proses sosial dan emosional: Anak autis seringkali merasa tidak nyaman dan putus asa dalam interaksi sosial, termasuk kontak mata. Mereka mengalami kesulitan memahami sinyal sosial dan emosional yang disampaikan melalui tatapan (Senju & Johnson, 2009).
* Â Â Â Â Kecemasan dan Stimulasi Sensorik Berlebihan: Untuk anak autis, kontak mata dapat menyebabkan kecemasan dan stimulasi sensorik berlebihan. Mereka merasa gelisah dan tidak dapat mentoleransi intensitas informasi yang disampaikan melalui kontak mata (Tanaka & Sung, 2016).
* Â Â Â Â Fokus pada objek, bukan orang: Anak autis cenderung lebih tertarik pada objek dan fokus pada objek dibandingkan interaksi sosial. Mereka lebih suka mengamati lingkungan dan benda-benda disekitarnya dibandingkan melakukan kontak mata dengan orang lain (Klin et al., 2002).
* Â Â Â Â Kesulitan memahami arti dan konteks kontak mata: Anak autis seringkali kesulitan memahami arti dan konteks kontak mata. Mereka tidak dapat menafsirkan dan merespons kontak mata dengan benar (Neumann et al., 2006).
TERAPI INTEGRASI SENSORIK
Terapi integrasi sensorik merupakan salah satu pendekatan yang sangat efektif untuk membantu anak-anak dengan gangguan spektrum autisme. Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang terapi integrasi sensorik pada anak autis:
Tujuan Terapi Integrasi Sensorik:
* Â Â Â Â Membantu anak memproses dan merespons stimulus sensorik (visual, auditori, taktil, proprioseptif, vestibular) dengan lebih efektif.
* Â Â Â Â Meningkatkan kemampuan anak untuk berkonsentrasi, fokus, dan berpartisipasi dalam aktivitas sehari-hari.
* Â Â Â Â Mengurangi perilaku maladaptif yang disebabkan oleh over-stimulasi atau under-stimulasi sensorik.
Proses Terapi Integrasi Sensorik:
* Â Â Â Â Dimulai dengan penilaian komprehensif oleh terapis okupasi yang terlatih untuk mengidentifikasi profil sensorik unik anak.
* Â Â Â Â Dirancang program intervensi yang disesuaikan dengan kebutuhan sensorik individual anak.
* Â Â Â Â Terapi dilakukan dalam lingkungan khusus yang menarik dan mendukung, seperti ruang sensorik atau gym sensorik.
* Â Â Â Â Anak diajak terlibat dalam berbagai aktivitas terstruktur yang merangsang dan mengintegrasikan input sensorik.
Contoh Aktivitas dalam Terapi Integrasi Sensorik:
* Â Â Â Â Ayunan, trampolin, ayunan berbentuk bola untuk mengaktifkan sistem vestibular.
* Â Â Â Â Aktivitas proprioseptif seperti menekan, mendorong, atau menarik objek yang memiliki beban berat.
* Â Â Â Â Eksplorasi tekstur dan bahan yang beragam untuk merangsang sistem taktil.
* Â Â Â Â Aktivitas visual dan audiovisual untuk melatih sistem visual dan auditori.
Manfaat Terapi Integrasi Sensorik bagi Anak Autis:
* Â Â Â Â Mengurangi perilaku hiperaktif, agresi, atau penarikan diri.
* Â Â Â Â Meningkatkan kemampuan perhatian, fokus, dan keterlibatan dalam aktivitas.
* Â Â Â Â Membantu anak beradaptasi dan merespons lingkungan dengan lebih baik.
* Â Â Â Â Mendukung perkembangan kemampuan motorik, bahasa, dan sosial
oleh: Zulfa Aulia Sabila
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H