Mohon tunggu...
027_ siti husnul amaliyah
027_ siti husnul amaliyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengembangan Skenario Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Konteks Bahasa Indonesia

2 Juli 2024   17:47 Diperbarui: 5 Juli 2024   09:32 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa Indonesia berakar dari bahasa Melayu yang dipakai oleh masyarakat Melayu di Sumatra dan Jawa. Pada era kolonial Belanda, bahasa Melayu digunakan sebagai bahasa perantara antara penduduk lokal dan orang Eropa. 

Setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945, bahasa Melayu diadaptasi dan dikembangkan menjadi bahasa Indonesia yang lebih modern, sesuai dengan kebutuhan nasional. Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran wajib di seluruh jenjang pendidikan di Indonesia, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. 

Tujuan utama dari pembelajaran bahasa Indonesia adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan, serta memahami dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Pembelajaran bahasa Indonesia umumnya menekankan empat keterampilan berbahasa: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Selain itu, siswa juga belajar tentang tata bahasa, kosakata, dan berbagai jenis teks, baik sastra maupun non-sastra.

Pembelajaran bahasa Indonesia di Indonesia sering kali dianggap membosankan dan kurang menarik bagi siswa. Ini disebabkan oleh metode pengajaran yang masih berfokus pada hafalan konsep dan teori, tanpa memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning/PBL).

Pembelajaran Berbasis Masalah adalah pendekatan pedagogis yang memulai proses pembelajaran dengan menghadirkan suatu masalah. Dalam konteks Bahasa Indonesia, PBL membantu siswa mengembangkan keterampilan berbahasa dan literasi melalui eksplorasi masalah-masalah yang relevan dengan kehidupan nyata. 

PBL adalah model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai konteks bagi siswa untuk belajar berpikir kritis, keterampilan pemecahan masalah, serta memperoleh pengetahuan dan konsep esensial dari materi pelajaran. Model pembelajaran ini menekankan pada orientasi pemecahan masalah oleh siswa.

Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) juga merupakan pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai konteks bagi siswa untuk belajar berpikir kritis, mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, serta memperoleh pengetahuan dan konsep esensial dari materi pelajaran. Dalam konteks pembelajaran bahasa Indonesia, PBM dapat diterapkan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami dan menganalisis teks, baik lisan maupun tulisan.

Pembelajaran berbasis masalah memberikan banyak keuntungan bagi siswa, karena mereka akan lebih mudah memahami konsep melalui diskusi dengan teman-temannya. Siswa yang cepat dalam belajar dapat meningkatkan kemampuannya lebih jauh dengan menjelaskan konsep menggunakan bahasa mereka sendiri, sementara siswa yang lambat akan mendapatkan manfaat dari penjelasan teman-teman mereka yang menggunakan bahasa yang lebih sederhana dan mudah dimengerti. 

Dalam mengembangkan skenario pembelajaran berbasis masalah dalam konteks bahasa Indonesia, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan. Pertama, tentukan masalah yang relevan dengan materi pembelajaran bahasa Indonesia. Masalah yang dipilih harus kompleks, terbuka, dan terkait dengan kehidupan sehari-hari siswa.

Langkah pertama adalah merumuskan tujuan pembelajaran. Setelah menentukan masalah yang relevan, langkah selanjutnya adalah merumuskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Tujuan pembelajaran harus mencakup penguasaan konsep dan keterampilan yang dibutuhkan siswa untuk memecahkan masalah yang diberikan. Langkah kedua adalah merancang skenario pembelajaran. 

Skenario ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu: Penyajian masalah, peserta didik diberikan masalah yang harus dipecahkan. Identifikasi masalah, peserta didik mengidentifikasi masalah, menentukan informasi yang diperlukan, dan merumuskan hipotesis. 

Pengumpulan informasi, peserta didik mencari informasi relevan untuk memecahkan masalah. Analisis dan sintesis, peserta didik menganalisis informasi yang telah dikumpulkan dan menyintesiskannya untuk memecahkan masalah. Presentasi dan diskusi, peserta didik mempresentasikan hasil pemecahan masalah dan berdiskusi dengan kelompok lain. Dan yang terakhir refleksi dan evaluasi, peserta didik melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran dan mengevaluasi hasil pemecahan masalah.

Langkah ketiga adalah mengembangkan bahan ajar dan instrumen penilaian. Langkah terakhir dalam mengembangkan skenario pembelajaran berbasis masalah adalah menciptakan bahan ajar dan instrumen penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. 

Bahan ajar dapat berupa modul, lembar kerja peserta didik, atau sumber belajar lainnya, sedangkan instrumen penilaian bisa berupa rubrik penilaian, tes, atau tugas-tugas yang sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.

Setelah mengembangkan skenario pembelajaran berbasis masalah, langkah berikutnya adalah mengimplementasikannya di dalam kelas. Selama implementasi, guru harus memantau dan mengevaluasi efektivitas pembelajaran serta melakukan penyesuaian-penyesuaian jika diperlukan. 

Evaluasi dapat dilakukan melalui observasi, penilaian proses, dan penilaian hasil belajar siswa. Penerapan PBL dalam pembelajaran Bahasa Indonesia juga dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih kaya dan bermakna bagi siswa, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di dunia nyata.

Pengembangan skenario pembelajaran berbasis masalah telah terbukti meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah dan berpikir kritis. Dalam konteks pelajaran Bahasa Indonesia, penerapan skenario ini dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi. Dengan metode pembelajaran berbasis masalah, siswa dapat belajar secara aktif dan berperan serta dalam proses pembelajaran.

Pengembangan skenario pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia telah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi. Dengan model pembelajaran ini, siswa dapat belajar secara aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. 

Oleh karena itu, mengembangkan skenario pembelajaran berbasis masalah harus menjadi prioritas utama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun