Mohon tunggu...
Niva Sulfia
Niva Sulfia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pentingnya Informasi Pemasaran serta Perencanaan Pemasaran

22 Desember 2021   15:24 Diperbarui: 24 Desember 2021   16:30 348
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Penting nya Informasi Pemasaran Serta Perencanaan Pemasaran

Sebagian besar pebisnis saat ini pasti tidak asing dengan informasi pemasaran serta perencanaan pemasaran. Namun, Apakah Anda sudah mengetahui apa itu informasi pemasaran serta perencanaan pemasaran? 

Pada kesempatan kali ini, saya akan memaparkan materi yang berkaitan dengan informasi pemasaran serta perencanaan pemasaran. Untuk meningkatkan ilmu pengetahuan masyarakat umum dalam menjalankan suatu bisnis.

Apa kah kalian tau apa itu sistem informasi ?

Sistem informasi pemasaran salah satu sistem yang di dalamnya menganalisis bahkan mengukur suatu informasi pemasaran yang dimana dihimpun secara terus menerus dari berbagai sumber perusahaan.

Adapun peran informasi pemasaran yaitu sebagai penilaian kebutuhan informasi manajer, pengembangan suatu kebutuhan informasi dan pendistribusian informasi kepada manajer pemasaran yang harus tepat waktu, penyediaan informasi yang di butuhkan dan di kembangkan melalui catatan internal perusahaan.

Dalam kegiatan pemasaran ada 10 tipe enitas yang di pasarkan seperti barang, jasa, kegiatan, pengalaman,orang, tempat, properti, organisasi, informasi, dan ide.

Ada juga komponen yang ada pada sistem informasi seperti sistem laporan intern. Perusahaan membuat laporan secara periodik, jadi informasi yang ada dalam laporan interen dapat membantu penentuan keputusan yang di ambil alih kepada manajer pemasaran, ada juga sistem riset pemasaran Di mana seorang manajer pemasaran membutuhkan penelahan dari suatu keadaan agar dapat mempunyai informasi yang cukup untuk membuat keputusan terbaik, ada  juga sistem inteligensi pemasaran sebagai kumpulan sumber dan prosedur agar mendapatkan informasi tiap haritentang perkembangan bahkan pemasaran ekstern dan yang terakhir ada sistem analisis pemasaran di mana sistem ini terdiri dari kumpulan teknik yang maju untuk menganalisa dan masalah pemasaran yang terjadi

Dalam perencanaan pemasaran ada nya peran perencanaan pemasaran Diman untuk membuat seimbang dan selaras ya aktivitas pemasaran bisa menjamin tercapainya suatu tujuan dan sasarannya, dengan cara berusaha dan berbisnis di dalam bidang produk permesinan secara intensif dan optimal, bahkan memberikan jaminan dalam mencapai suatu tujuan usah, sebagai bahan pengendalian yang cepat, tepat, dan teratur dalam kegiatan pemasaran di dalam wirausaha.

Adapun macam-macam perencanaan pemasaran, seperti perencanaan produk baru, dimana perencanaan  pemasaran untuk produk baru harus mengikuti sertakan pengembangan produk dari awal. Jika produk sudah ada, pengembangan teknis tidak perlu di masukan dalam bagian perencanaa. Sedangkan perencanaan tahunan untuk produk, proyek, layanan, dan merek yang sudah ada dalam perusahaan.

Proses perencanaan pemasaran ada aspek yang harus di pertimbangkan dengan cara mulailah dengan pernyataan tujuan perusahaan bersifat kualitatif dan filosofi, sertakan ringkasan finansial yang mengilustrasikan profit dan revenue untuk seluruh periode perencanaan, melakukan kajian pasar dan kajian kekuatan diferensial perusahaan dan kelemahan nya di bandingkan competitor, identifikasi segmen kunci, buatlah ringkasan analisis SWOT menggunakan matriks Portofolio untuk mengilustrasikan hubungan penting antara poin kunci di bisnis kita. Dan jangan lupa daftar asumsi lalu buat sasaran, strategi, dan buat ringkasan persyaratan sumber daya selama periode perencanaan dalam bentuk anggaran.

Hubungan perencanaan pemasaran dengan perusahaan itu posisi perencanaan pemasaran dalam konteks perencanaan strategi secara umum. Yang berkaitan dengan keputusan-keputusan seperti arah jangka panjang organisasi, pendefinisian ruang lingkup organisasi yang akan dan tidak di lakukan oleh organisasi, penyesuaian antara aktivitas organisasi dengan lingkungan Di mana organisasi dapat memaksimalkan kesempatan dan meminimalkan ancaman, dan penyesuaian aktivitas organisasi dengan kapasitas sumber daya keuangan, tenaga kerja, teknologi, dan tingkat keahlian.

Nama : Niva Sulfia

Nim : 191410011

Kelas : Ekonomi Syariah 5 A

" Produk terbaik sekalipun tanpa Strategi Pemasaran yang handal hanya akan menjadi Pajangan di gudang Kumal ".

#Dr.H.SyaefulBahri#

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun