Mohon tunggu...
Akbar Pangestu Sapurba
Akbar Pangestu Sapurba Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis Handal

Streamer at Facebook Gaming

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional

13 Oktober 2021   23:12 Diperbarui: 13 Oktober 2021   23:28 232
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL

Hai disini saya Akbar akan membahas mengenai komitmen organisasional. Mungkin kalau bahasa komitmen kalian sudah pada tahu semua ya artinya. Memang ini tanggung jawab kita yang memang harus dipenuhi gitu ya. 

Oke nah kenapa kita harus belajar komitmen. Karena memang pada dasarnya kalian kan tujuannya untuk bekerja, jadi memang diharapkan adalah komitmennya kepada perusahaan oke. Komitmen yang tinggi itu akan mempengaruhi situasi,  jadi orang yang berkomitmen biasanya dia akan lebih profesional dalam bekerja. 

Tetapi biasanya untuk orang yang bekerja dengan tujuan lain, misalnya hanya kerja ingin dapatkan gaji atau kerja dengan kebutuhan-kebutuhan seperti yang dikatakan teori Maslow BC komitmen yaitu kalau bisa dibilang ya tergantung pemasukan gitu ya jadi saya dibayar sekian, maka saya akan memberikan hasilnya sekian gitu ya. 

Tetapi jika kita juga belajar tentang komitmen akan erat dengan bahasa loyalitas banyak orang yang menyamakan antara komitmen dan loyalitas itu adalah hal yang sama. Tetapi sebenarnya komitmen dan loyalitas itu dua hal yang berbeda. Loyalitas itu bicara tentang seberapa lama kamu mau bekerja. 

Seberapa lama kamu mau meluangkan waktu untuk pekerjaanmu itu loyalitas Oke. Tetapi yang komitmen itu di atas loyalitas. Jadi biasanya orang yang berkomitmen ini dia akan memiliki loyalitas juga. 

Tetapi loyalitas belum tentu komitmen itu ya. Jadi loyalitas itu sebatas contoh, misalnya ketika saya bekerja saya akan mengeluarkan loyalitas saya, tetapi belum tentu saya akan bertahan lama di perusahaan ini. Nah itu bertahan berapa lama di kawasan itu namanya komitmen oke.  

Loyalitas dalam arti sempit bisa diartikan sebagai seberapa lama seorang karyawan bekerja dalam suatu organisasi dan sejauh mana mereka tunduk pada perintah atasan. Jadi kalau mereka tunduk pada perintah atasan mereka akan bekerja dengan lebih loyal. Tetapi jika tidak dulu pada perusahaannya tidak akan loyal ya. 

Jadi bisa dibilang loyalitas ini adalah salah satu dasar karakteristik untuk membentuk sebuah komitmen dalam bekerja. Kenapa komitmen itu penting seperti yang diawal tadi dikatakan bahwa komitmen itu akan membentuk situasi kerajaan lebih profesional. 

Nah pada dasarnya keberhasilan dan kinerja seseorang itu akan ditentukan dari salah satunya komitmen lain. Dari kompetensinya dia dalam bekerja serta profesionalisme nya itu ya. 

Jadi komitmen itu akan menunjukkan kemampuan seseorang atau daya seseorang merasa saya memiliki perusahaan a sense of belonging terhadap sebuah perusahaan itu komitmen ketika kita bekerja dan kita menganggap perusahaan ini adalah perusahaan tempat saya bekerja adalah tempat saya punya saya juga. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun