Mohon tunggu...
Gilang Nanda Dwiputra
Gilang Nanda Dwiputra Mohon Tunggu... Lainnya - Everything will be OK//

Say Alhamdulillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pelaksanaan Pembelajaran Al-Quran di Dusun Torongrejo

5 Februari 2022   15:11 Diperbarui: 5 Februari 2022   15:16 280
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source : Dokumentasi Pribadi

Gilang Nanda Dwiputra

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Email : gilangnanda77@gmail.com

ABSTRAK

Taman Pendidikan al-Qur'an (TPQ) di Dusun Torongrejo adalah salah satu lembaga pendidikan non formal yang ada di Dusun Torongrejo. 

Berdasarkan hasil observasi, bentuk pelaksanaan pembelajaran di TPQ Dusun Torongrejo yaitu tidak hanya menekankan muridnya pada pengajaran tahsin, tartil dan tilawah al-Qur'an, namun juga mengajarkan muridnya berbagai ilmu. Seperti tata cara shalat, bacaan ketika shalat, doa-doa dan dzikir-dzikir yang dibaca setelah shalat. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah metode kualitatif. 

Dimana penulis berperan sebagai pengumpul data sehingga keberadaannya di lokasi penelitian mutlak diperlukan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran alQur'an di TPQ D usun Torongrejo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. 

Pelaksanaan pembelajaran al-Qur'an di Dusun Torongrejo dilakukan berdasarkan Tahsin, Tartil dan Tilawah. Kemudian, untuk kemampuan membaca al-Qur'an para murid berdasarkan Tahsin, Tartil dan Tilawah pada TPQ Dusun Torongrejo dapat dikatagorikan dalam kategori baik.

 Kata Kunci : TPQ, Al-Quran, Pembelajaran

 PENDAHULUAN

Al-Qur'an merupakan wahyu Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril yang digunakan sebagai pedoman hidup bagi umat muslim dan barang siapa yang membacanya akan mendapatkan pahala ibadah. Islam menuntut umatnya untuk selalu dan senantiasa membaca dan mempelajari al-Qur'an, mentadaburi dan kemudian menerapkan kandungan al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.Hal ini sebagai mana merupakan fungsi al-Qur'an sebagai petunjuk dan pedoman hidup manusia.

Belajar membaca al-Qur'an dengana baik dan benar bukanlah suatu pekerjaan yang mudah.Banyak orang-orang yang menghabiskan waktu dan biaya yang tidak sedikit untuk hal ini. Waktu yang begitu lama dalam proses belajar membaca al-Qur'an sering kali menimbulkan perasaan bosan, jenuh, putus asa dan malas pada anak-anak.

Salah satu pendidikan yang dapat membantu tumbuh kembang anak yaitu adanya pendidikan agama, yaitu Taman Pendidikan al-Qur'an.

Suatu lembaga pendidikan agama yang sudah tidak asing lagi bagi kita.Kesadaran umat Islam untuk menyiarka dan menyebarkan agama dan mempelajari alQur'an Nampak semakin tinggi.Hal ini ditunjukkan oleh semakin berkembangnya Taman Pendidikan al-Qur'an di berbagai pelosok daerah.

Sebagai salah satu instansi pendidikan Islam, Taman Pendidikan alQur'an mempunyai suatu strategi dan pembinaan pendekatan yang bukan hanya semata-mata pengajaran saja, akan tetapi juga dalam pendidikan atau pembinaan agama lebih diarahkan dalam membentuk dan membina anak-anak di TPQ untuk menjadi muslim yang sejati dan benar-benar menghayati nilai-nilai agama dan mengindahkan norma-norma agama dalam kehidupan sehari-hari.

Taman Pendidikan al-Qur'an (TPQ) di Dusun Torongrejo adalah salah satu lembaga pendidikan non formal yang ada di Dusun Torongrejo. Berdasarkan hasil observasi, bentuk pelaksanaan pembelajaran di TPQ Dusun Torongrejo yaitu tidak hanya menekankan muridnya pada pengajaran tahsin, tartil dan tilawah al-Qur'an, namun juga mengajarkan muridnya berbagai ilmu. Seperti tata cara shalat, bacaan ketika shalat, doa-doa dan dzikir-dzikir yang dibaca setelah shalat.

METODE

Pendekatan Penelitian 

Metode kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Kajian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif karena penelitian ini bersifat alamiah, penulis tidak berusaha memanipulasi keadaan ataupun kondisi dilapangan, penulis melakukan suatu penelitian dalam suatu keadaan yang memang benar ada. 

Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran alQur'an di TPQ Dusun Torongrejo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Dalam penelitian kualitatif, penulis berperan sebagai pengumpul data sehingga keberadaannya di lokasi penelitian mutlak diperlukan. Dalam penelitian ini, kehadiran peneliti sebagai pengamat partisipan. Karena peneliti hanya mengamati tentang pelaksanaan pembelajaran al-Qur'an pada TPQ di Dusun Torongrejo.

Sumber Data

Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah Ustadz yang mengajar di TPQ Dusun Torongrejo. Ustadz ini akan memberikan informasi mengenai bagaimana pelaksanaan pembelajaran al-Qur'an di TPQ Dusun Torongrejo berdasarkan tahsin, tartil dan tilawah, kemampuan murid dalam membaca al-Qur'an serta faktr penghambat pelaksanaan pembelajaran al-Qur'an berdasarkan tahsin, tartil dan tilawah.

Prosedur Pengumpulan Data

Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah:

  1. Observasi

Penulis menggunakan metode observasi dalam penelitian bertujuan untuk mendapatkan data tentang pelaksanaan pembelajaran al-Qur'an di TPQ Dusun Torongrejo, yaitu dengan cara mengamati langsung pelaksanaan pembelaran al-Qur'an berdasarkan tahsin, tartil da tilawah, kemampuan siswa membaca al-Qur'an berdasarkan tahsin, tartil da tilawah, dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran alQur'an tahsin, tartil dan tilawah pada TPQ di Dusun Torongrejo.

2. Dokumentasi

Dokumentasi penelitian ini adalah suatu cara pengumpulan data yang bertujuan untuk mengumpulkan data tertulis yang dapat memberikan keterangan yang sesuai dengan data yang dibutuhkan dalam penelitian. Metode dokumentasi ini digunakan untuk mendapatkan data-data tentang pelaksanaan pembelajaran al-Qur'an, kemampuan siswa membaca al-Qur'an dan faktor penghambat pembelajaran al-Qur'an yang keseluruhan berdasarkan tahsin, tartil dan tilawah pada TPQ di Dusun Torongrejo.

HASIL DAN PEMBAHASAN

ISI HASIL DAN PEMBAHASAN

Pelaksanaan Pembelajaran al-Qur'an Berdasarkan Tahsin, Tartil dan Tilawah pada TPQ di Dusun Torongrejo      

Taman Pendidikan al-Qur'an adalah "lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan non formal jenis keagamaan Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca al-Qur'an sejak usia dini, serta memahami dasar-dasar Islam pada anak usia taman kanak-kanak, sekolah dasar atau madrasah intidaiyah (SD/MI) atau bahkan lebih tinggi". 

Keberadaan Taman Pendidikan al-Qur'an merupakan penunjang pendidikan agama Islam pada lembaga-lembaga formal yang dilaksanakan diluar jam pelajaran sekolah. Adapun proses pembelajaran berlangsung dalam sekali pertemuan di masing-masing tingkatan selama 1-2 jam.

Kemampuan Membaca al-Qur'an Murid Berdasarkan Tahsin, Tartil dan Tilawah pada TPQ di Dusun Torongrejo

Source : Dokumentasi Pribadi
Source : Dokumentasi Pribadi

Kemampuan membaca al-Qur'an adalah hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran karena merupakan kecakapan dalam membaca alQur'an. Berkaitan dengan itu, dalam hal ini TPQ di Dusun Torongrejo selalu mendidik dan megajarkan santrinya dalam proses pembelajaran agar bisa cakap dan lancar dalam membaca al-Qur'an. 

Dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an terutama tahsin, tartil dan tilawah, dengan menggunakan strategi untuk mencapai hasil yang dituju dan diharapkan, yaitu agar kualitas membaca murid dapat meningkat lebih baik seiring dengan pembelajaran yang diterima oleh para murid.

SIMPULAN

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam artikel ini mengenai Pelaksanaan Pembelajaran al-Qur'an di Taman Pendidikan alQur'an dusun Torongrejo, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:

  • Dalam pelaksanaan pembelajaran al-Qur'an berdasarkan Tahsin, Tartil dan Tilawah pada TPQ Dusun Torongrejo menerapkan strategi dalam pelaksanaan pembelajarannnya agar dapat meningkatkan kemampuan dalam membaca al-Qur'an. Pada pelaksaan kegiatan belajar mengajar al-Qur'an yaitu terdiri dari materi pokok yaitu berupa memberikan materi kemampuan membaca al-Qur'an dengan mengutamakan tahsin, tartil dan tilawah, sesuai dengan ilmu tajwid serta materi penunjang yang diantaranya yaitu, praktek whudu dan sholat 5 waktu dengan baik dan benar, hafalan shalat, hafalan surat pendek, hafalan doa sehari-hari, serta dzikir dan sholawat.
  • Kemampuan membaca al-Qur'an dalam pembelajaran al-Qur'an murid berdasarkan Tahsin, Tartil dan Tilawah pada TPQ Dusun Torongrejo dapat dikatagorikan dalam katagori baik.

 

DAFTAR PUSTAKA

Muri Yusuf, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan, Jakarta: Kencana, 2014

Aliwar, Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis al-Qur'an dan Manajemen Organisasi (TPA), Jurnal At-Ta'dib, Vol. 9, Nomor 1, Januari-Juni 2016

Eko Setiawan, Konsep Pendidikan Anak Perspektif Imam al-Ghazali, Jurnal Kependidikan, Vol. 5, Nomor 1, Mei 2017

Lathifatul Izzah. M. Hanip, Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Pembentukan Akhlak Keseharian, Jurnal Literasi, Vol. 9, Nomor. 1, 2018

Lexy J. Moleong, Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011

Muhammad Ali Akbar, Peranan Taman Pendidikan al-Qur'an (TPQ) Dalam Pembentukan Akhlak Di Kalangan Remaja Kampung Jawa di Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat. Skripsi Pendidikan Agama Islam, 2015.

Sholeh Hasan, Tri Wahyuni,Kontribusi Penerapan Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Membaca al-Qur'an Secara Tartil, Jurnal pendidikan Islam,Vol. 5, Nomor 1, Februari 2018

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun