Mohon tunggu...
anna nur rahma asyifa
anna nur rahma asyifa Mohon Tunggu... Lainnya - hi saya pemula

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hukum dan Etika Media Massa Era Global

28 November 2021   23:38 Diperbarui: 28 November 2021   23:51 1606
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Latar Beakang Masalah 

Di era reformasi saat ini, media massa berperan penting bagi masyarakat. Khususnya media online yang membantu  masyarakat dalam memperoleh informasi secara aktual dan factual. Singkatnya, Media massa merupakan sarana penyampaian informasi secara serentak dan dapat diakses masyarakat secara luas. 

Sebagai sarana pemenuhan hak masyarakat atas informasi, media massa harus memiliki aturan sebagai standarisasi dan komitmen sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku. 

Media massa memiliki banyak pengaruh di dalam kehidupan saat ini. Khalayak sangat berhubungan dan bergantung terhadap media yang dikonsumsi orang banyak. Banyak hal yang diangkat dan dikemas sedemikian rupa oleh media untuk menciptakan hal-hal baru.

Keberadaan media massa yang saat ini menjadi suatu kebutuhan yang dan tidak bisa

dilepaskan dari manusia menjadikannya kompenen yang mempengaruhi pembentukan karakteristik atau kepribadian masyarakat. Dengan demikian, etika dan hukum menjadi satu hal penting untuk menjaga media massa dan para pelaku media berada dalam jalur yang benar dan semestinya. 

Kontrol diri insan media melalui etika dan hukum  yang telah ditetapkan. Agar tidak terdapat oknum -oknum yang memanfaatkan dan menjadikan keberadaan media masa sebagai sarana menciptakan pesan -- pesan yang bersifat negative, contohnya propaganda ide, citacita, nilai dan norma. Dan juga agar pemberitaan media tidak  lepas kontrol dan dapat memperhitungkan nilai-nilai etis

Tinjauan Pustaka 

Hukum dan Etika Media massa

Hukum dan etika media komunikasi merupakan peraturan perilaku formal yang dipaksakan oleh otoritas berdaulat, seperti pemerintah kepada rakyat atau warga negaranya. Dalam ranah media massa, ada beberapa regulasi yang mengatur penyelenggaraan dan pemanfaatan media massa. 

Selain undang-undang dan peraturanperaturan lain yang dibuat oleh lembaga legislatif ataupun pemerintah tersebut, perlu adanya pedoman berperilaku lain yang tidak memberi sanksi fisik, baik berupa penjara atau denda, namun lebih pada sanksi moral untuk mengatur manusia dalam berinteraksi dengan media yang memiliki aspek yang kompleks berupa etika (Wilensky, 2005: 167).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun