Mohon tunggu...
Calvin Mardiansyah
Calvin Mardiansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - Universitas Muhammadiyah Malang Program studi Ilmu Komunikas

Seorang mahasiswa yang berkuliah di Kota Malang jurusan Ilmu Komunikasi dan memilih Konsentrasi Public Relation.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ketertarikan Individu untuk Mempromosikan Produk Jualan ke Media Sosial

21 Mei 2022   07:07 Diperbarui: 21 Mei 2022   07:15 376
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkembangan teknologi informasi yang pesat di zaman modern ini harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin guna menambah ilmu pengetahuan dan memperluas wawasan. Indonesia merupakan negara yang memiliki suku budaya, agama, dan ras beraneka ragam. 

Dizaman yang sudah maju seperti saat ini banyak kalangan di Indonesia memiliki akun media sosialnya masing-masing, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. 

Jenis media sosial yang dikenal oleh masyarakat sangat beragam, diantara semua jenis media sosial yang paling banyak diminati oleh orang Indonesia adalah Youtube, Instagram, TikTok, Facebook, dan Twitter. 

Sebagian dari masyarakat menjadikan hal tersebut sebagai trend. Munculnya media sosial di kehidupan masyarakat telah merubah hubungan interaksi sosial antara masyarakat dengan lingkungan sekitarnya. Kehidupan masyarakat mengalami kemajuan yang begitu cepat sehingga dapat menciptakan konektivitas sosial dan update informasi.

Media sosial adalah sebuah alat yang digunakan untuk komunikasi jarak jauh. Diciptakan sebagai alat komunikasi yang bisa menghubungkan penggunanya dengan masyarakat luas. 

Agar bisa mengakses media sosial dibutuhkan yang namanya koneksi internet. Media sosial merupakan sebuah sarana untuk berbagi, berpartisipasi, membuat blog, dan hal yang lainnya untuk mempermudah seseorang supaya bisa berinteraksi dengan orang banyak. 

Dari keterangan tersebut, itu adalah hasil dari positifnya menggunakan media sosial, sedangkan hasil negatifnya adalah bisa membuat hubungan seseorang menjadi jauh yang awalnya sangat dekat, kurangnya komunikasi secara langsung, kecanduan internet, menyebabkan konflik, serta rentan tersebarnya privasi diri seseorang. 

Media sosial berhasil mendorong pertukaran pesan oleh penggunanya di seluruh dunia yang misinya untuk menyatukan masyarakat dengan latar belakang dan mendorong terjadinya interaksi. Perkembangan dari sosial media tentu bisa dirasakan oleh banyak orang yang menggunakan internet di setiap negara.

Saat ini sosial media tidak hanya digunakan sebagai sarana penghibur saja, salah satu contohnya adalah Instagram. Instagram adalah salah satu media platform yang memiliki peluang besar dalam kegiatan bisnis. Para pelaku bisnis memerlukan yang namanya media untuk pemasaran supaya lebih efektif dengan tujuan memperluas produk pasaranya. 

Media sosial sebagai alat pemasaran tentu saja sangat berkaitan dengan komunikasi pemasaran salah satu contohnya adalah promosi. Alasan seseorang yang paling utama melakukan promosi adalah supaya produk yang dipasarkan bisa diketahui dan dikenal oleh banyak orang. 

Biasanya dilakukan oleh suatu toko atau perusahaan dengan tujuan untuk memberitahukan keberadaan produk tersebut serta memberikan keyakinan tentang manfaat produk tersebut kepada konsumen. Promosi bisa dilakukan dengan cara menyajikan gambar, video atau tulisan yang menggambarkan sebuah produk yang ingin dipromosikan. 

Setelah produk banyak dikenal orang, maka hasil penjualan pun meningkat. Penggunaan foto dan video merupakan hal yang paling menarik konsumen dibandingkan dengan pesan teks. 

Dapat disimpulkan bahwa media sosial yaitu sebuah perantara yang memungkinkan penggunanya untuk mempresentasikan diri dan melakukan interaksi, kerjasama, berbagi, komunikasi dengan pengguna lain dan membentuk ikatan sosial secara virtual.

Instagram merupakan media untuk mengambil atau memposting foto dan video dan proses mengirimnya tidak butuh waktu yang lama. Fitur utama di Instagram yaitu Homepage, Comments, Explore, Profil, dan News Feed. Instagram memiliki berbagai macam kelebihan dalam kegiatan promosi, sebagai contoh jika ingin menyampaikan sebuah informasi ke banyak orang hanya membutuhkan waktu yang cukup singkat. 

Pemilihan platform Instagram sebagai media promosi yang ramai didasari dengan alasan bahwa Instagram mempunyai keefisienan dan memberi keuntungan terhadap penjualan. Yaitu hanya dengan memposting foto dan video produk ke akun Instagram, sehingga foto tersebut bisa dilihat oleh banyak orang dan tertarik untuk membelinya.

Beberapa kelebihan dari Instagram yaitu, sadar akan pasar teknologi yang artinya salah satu keuntungan dari penjualan melalui Instagram sudah dijamin bahwa teknologi saat ini sudah berkembang.

Maka akan lebih mudah bagi produsen untuk mempromosikan produk dagangannya. Sebagian dari produsen juga menggunakan hastag pada gambar atau video yang di unggah ke Instagram supaya konsumen bisa dengan mudah menemukan produk yang sedang mereka cari. 

Setelah selesai dengan promosi, langkah berikutnya adalah seorang produsen harus memiliki sikap konsisten. Konsisten secara mental maupun konsisten secara teknis, maksudnya adalah membangun brand profile Instagram sendiri seperti warna, waktu mengunggah, dan juga konsisten pada pola feeds.

Instagram memiliki fitur untuk membaca pola postingan penggunanya, maka untuk beberapa hari hindari memposting foto atau video ke Instagram.

Pada zaman yang sudah modern saat ini Media sosial merupakan sebuah platform yang biasa digunakan untuk komunikasi jarak jauh. Setiap orang bisa dengan mudah mendapatkan informasi yang tersebar luas di seluruh media apapun. Namun sebagai pengguna media sosial kita harus lebih hati-hati untuk keamanan privasi karena data pribadi kita bisa dilihat oleh pengguna media sosial lainnya. 

Instagram adalah media sosial yang paling banyak digunakan oleh para penjual untuk mempromosikan produk dagangannya. Dengan cara memposting foto atau video lalu disertakan dengan hastag supaya pembeli lebih mudah dalam mencari produk yang dicari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun