Mohon tunggu...
WIRDAT LIS ANDRIANI
WIRDAT LIS ANDRIANI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa manajemen Bisnis Syariah
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

KAKA❤️

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dasar-dasar Pemasaran

21 Maret 2024   08:42 Diperbarui: 22 Maret 2024   13:41 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

~Pentingnya Pemasaran~

             Pemasaran merupakan suatu kegiatan yang sangat penting bagi sebuah perusahaan atau usaha, baik yang berbasis fisik maupun digital. Pemasaran memiliki beberapa fungsi.          yang penting dalam meningkatkan kinerja perusahaan, seperti:

  A) Membantu meningkatkan produk: Pemasaran membantu perusahaan dalam mengembangkan produk yang lebih baik dan memenuhi kebutuhan pelanggan.
B) Memperjelas tujuan perusahaan: Pemasaran membantu perusahaan dalam menjelaskan tujuan yang ingin dicapai, sehingga dapat diterapkan dalam seluruh kegiatan perusahaan.
 C) Membantu meningkatkan penjualan: Pemasaran membantu meningkatkan penjualan dengan mengembangkan strategi yang efektif untuk menarik pelanggan.

 

~Ruang LIngkup Pemasaran~

              Ruang lingkup pemasaran mencakup semua kegiatan yang terkait dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu bisnis atau perusahaan. Ini termasuk cara kerja pemasaran, produk yang akan dipasarkan, serta siapa yang akan melakukannya. Ruang lingkup pemasaran juga meliputi manajemen pemasaran, yang terdiri dari penawaran pasar suatu organisasi, strategi pemasaran, analisis pemasaran, dan kegiatan pemasaran. Dalam dunia bisnis, pemasaran sangat penting untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pangsa pasar.


~Konsep - konsep dasar dalam Pemasaran~
   
Konsep dasar dalam pemasaran meliputi:

1. Orientasi Pelanggan

Fokus pada memahami dan memenuhi kebutuhan serta keinginan pelanggan, yang berfokus pada penciptaan, pengiriman, dan pemertahanan nilai bagi pelanggan.

2. Nilai dan Keunggulan Bersaing: Menawarkan nilai unik dan superior kepada pelanggan dibandingkan dengan pesaing, yang mengacu pada pentingnya memahami kebutuhan pelanggan dan mengembangkan proposisi nilai yang menarik

3. Pemasaran Terintegrasi: Mengkoordinasikan dan mengintegrasikan berbagai kegiatan pemasaran dalam organisasi, yang mencakup produk, harga, distribusi, dan promosi

4. Segmentasi Pasar dan Penargetan: Identifikasi dan pemilihan segmen pasar yang potensial untuk dituju, yang melibatkan memahami perbedaan dalam kebutuhan, preferensi, dan perilaku pelanggan

5. Memenuhi Kebutuhan Jangka Panjang: Membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan daripada hanya fokus pada transaksi satu kali, yang mencakup mempertahankan pelanggan yang sudah ada, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan menghasilkan kepuasan jangka panjang

6. Pemasaran Berdasarkan Nilai: Fokus pada nilai yang diberikan kepada pelanggan, yang mengacu pada persepsi pelanggan tentang nilai produk atau layanan

7. Manajemen Hubungan Pelanggan: Pengelolaan hubungan jangka panjang dengan pelanggan yang saling menguntungkan, yang melibatkan membangun dan memelihara hubungan yang kuat dengan pelanggan


~Manajemen Pemasaran berubah~


       Manajemen pemasaran berubah. dan memiliki beberapa kemajuan.    yang berpengaruh pada strategi pemasaran. Berikut adalah beberapa konsep yang menunjukkan bagaimana manajemen pemasaran berubah:

A) Teknologi informasi jaringan: 

      Revolusi digital telah menciptakan era informasi, yang memungkinkan perusahaan untuk mengirim dan menerima informasi lebih cepat dan efisien

B) Globalisasi: 

        Kemajuan teknologi dalam transportasi pengiriman barang dan komunikasi telah mempermudah perusahaan dalam memasarkan produknya ke negara lain dan juga mempermudah konsumen untuk membeli produk dan jasa dari pemasar di negara lain

C) Privatisasi: 

           Perusahaan umum beralih menjadi perusahaan swasta untuk meningkatkan efisiensi

D) Konvergensi industri:

            Perusahaan beralih menjadi lebih berorientasi pada pengabdian dan kerjasama antara industri yang sebelumnya terpisah

E) Resistensi konsumen: 

            Konsumen semakin paham tentang pemasaran dan menghindari produk yang mereka anggap berlebihan dalam pemasaran

D)Deregulasi: 

           Melonggarjab perundang-undangan untuk menciptakan persaingan dan peluang pertumbuhan industri agar menjadi lebih besar. 

~ Manajemen Pemasaran Berhasil~

 Untuk manajemen pemasaran berhasil, diperlukan tugas-tugas sebagai berikut:

A) Menganalisis peluang pasar:

       Tim manajemen pemasaran harus mampu melihat dan menganalisis peluang pasar, melakukan riset dan segmentasi pasar terlebih dulu agar hasil lebih objektif

B) Perencanaan kegiatan pemasaran:

        Setelah ide bisnis terealisasi dalam bentuk produk atau jasa, kini saatnya mulai merencanakan kegiatan pemasaran, dimulai dengan merumuskan kebijakan terkait produk, harga, cara pendistribusian, promosi, target penjualan, dan lainnya

C) Mengembangkan konsep yang ditujukan untuk memuaskan dan melayani konsumen yang belum terpenuhi: 

         Manajemen pemasaran harus membangun konsep yang ditujukan untuk memuaskan dan melayani konsumen yang belum terpenuhi

D) Mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen: 

         Manajemen pemasaran harus mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen untuk menciptakan produk atau jasa yang sesuai

E) Evaluasi dan terus mengembangkan rencana pemasaran: 

       Manajemen pemasaran harus melakukan evaluasi dan terus mengembangkan rencana pemasaran yang didasarkan pada hasil

    

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun