Media sosial saat ini memang telah menjadi platform yang sangat massif digunakan publik. Dengan beragam fitur yang dihadirkannya, media sosial begitu menyenangkan untuk dimainkan setiap harinya. Bahkan dengan ragam hal yang terdapat di media sosial, membuat penggunanya jadi kecanduan. Bukan hanya bagi pengguna biasa, media sosial juga sangat diminati oleh para pebisnis.Â
Bagi para pebisnis, media sosial memang bisa dijadikan sarana marketing atau pemasaran yang efektif. Dengan jumlah penggunanya yang besar maka para pebisnis bisa menarik lebih banyak pembeli untuk kemajuan usahanya. Karena saat ini media sosial ada banyak macamnya, maka masing-masing platform pastinya memiliki keunggulan tersendiri. Nah berikut beberapa keunggulan dari macam-macam platform media sosial untuk bisnis.
Keunggulan Platform Facebook
Pertama, kita mulai dari keunggulan platform Facebook. Media sosial yang diciptakan oleh Mark Zuckerberg ini memang sudah sangat populer dengan jumlah pengguna yang sudah mencapai kurang lebih 2 milyar se-dunia. Dengan besarnya jumlah pengguna Facebook tersebut maka akan sangat besar peluang pebisnis untuk mendapatkan pembeli. Selain potensi yang sangat besar mendapatkan pembeli, platform Facebook juga punya fitur FB Ads yang murah dan mudah. Dari sini maka Anda pebisnis yang memiliki dana terbatas untuk marketing, akan bisa tetap beriklan dengan optimal dan akurat di Facebook.
Keunggulan Platform Twitter
Media sosial yang juga bisa Anda jadikan sarana marketing adalah Twitter. Meski penggunanya tak sebesar Facebook, namun platform ciptaan Jack Dorsey ini memiliki keunggulan yang tak dimiliki media sosial lainnya. Salah satu keunggulan paling menonjol dari Twitter adalah dapat menarget sasaran dengan tepat menggunakan fitur hashtag.Â
Selain itu dengan Twitter, Anda bisa membuat promosi yang lebih berpengaruh dengan memanfaatkan seorang influencer yang telah memiliki banyak followers. Di Twitter, popularitas sebuah akun untuk menjadi influencer memang bisa dilihat dari seberapa banyak followers yang dimilikinya. Dari sini maka pebisnis pun punya kesempatan besar untuk menjalankan strategi pemasaran yang kuat dan berpengaruh.
Keunggulan Instagram
Selanjutnya, media sosial yang dapat dijadikan sarana pemasaran bagi pebisnis adalah Instagram. Media sosial kreasi Kevin Systrom ini memang sedang mencuat popularitasnya. Dengan banyak sentuhan, Instagram kini memiliki banyak fitur canggih untuk membuat marketing jadi lebih keren. Salah satu fitur keren di Instagram yang bisa Anda coba untuk pemasaran bisnis antara lain fitur InstaStory.Â
Dengan menggunakan InstaStory ini Anda bisa membuat promosi dengan sebuah alur cerita (storytelling) yang lebih menarik. Dan satu hal yang pasti, dengan Instagram yang memiliki spesialiasi pada konten gambar, maka Anda akan bisa membuat pemasaran bisnis Anda jadi lebih berwarna. Tidak hanya itu, dengan Instagram, Anda juga bisa meningkatkan followers untuk mendapatkan kredibilitas yang lebih baik serta juga menarget pasar spesifik dengan fitur hashtag.
Keunggulan Google+
Terakhir, media sosial yang bisa para pebisnis gunakan pemasaran usaha atau bisnis adalah Google+. Walau platform ini tak begitu populer, tapi Anda tak boleh meremehkannya. Pasalnya, media sosial yang dimiliki oleh Google ini dapat membuat pemasaran Anda di sini akan jadi lebih efektif. Keunggulan yang paling utama dari Google+ adalah kemampuannya yang mendukung optimasi SEO (Search Engine Optimization).Â
Dari sini maka saat Anda memanfaatkan Google+ sebagai sarana marketing, hal ini akan membuat bisnis lebih berpeluang memperoleh conversation rate lebih besar. Selain itu Google+ juga punya fitur iklan Google Display Network yang memiliki jangkauan lebih signfikan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H