Mohon tunggu...
Jose Hasibuan
Jose Hasibuan Mohon Tunggu... Guru - Seorang abdi bangsa

Tertarik pada dunia pendidikan, matematika finansial, life style, kehidupan sosial dan budaya. Sesekali menyoroti soal pemerintahan. Penikmat kuliner dan jalan-jalan. Senang nonton badminton dan bola voli.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama FEATURED

5 Tips Mengemudi Aman di Jalan Tol Saat Terjebak Hujan Deras

5 Januari 2021   16:19 Diperbarui: 5 November 2021   06:46 3781
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kondisi Jalan Tol Sesaat Sebelum Hujan Turun Deras | Dokpri

Hujan datang tak dapat diduga. Itulah yang kami alami saat melintasi tol Pekanbaru - Dumai tepat pada tanggal 1 Januari 2021 lalu. Setelah berkendara sekitar 1 jam dari pintu masuk tol Pekanbaru, memasuki kilometer ke-50 tiba-tiba langit gelap, angin kencang dan hujan turun dengan amat deras.

Beberapa bulan lalu, pengalaman serupa juga saya alami saat perjalanan pulang ke Pekanbaru dari kota Duri. Saat itu saya melintasi jalan umum karena tol Pekanbaru -- Dumai belum selesai.

Karena jarak pandang sangat pendek, saya pun memutuskan berhenti di tempat aman, sambil menunggu hujan sedikit reda. Kondisi angin yang sangat kencang, hujan yang turun sangat lebat, di tambah petir yang menyambar di ujung langit, menyebabkan jarak pandang sangat pendek dan membuat saya ragu untuk melanjutkan perjalanan.

Namun karena kali ini saya melintasi jalan tol dan ada aturan hanya diperbolehkan berhenti di bahu jalan tol saat keadaan darurat saja. Saya pun tidak bisa memilih untuk menghentikan laju mobil yang saya kendarai secara tiba-tiba di bahu jalan tol.

Lebih-lebih beberapa waktu lalu, ada pemberitaan bahwa telah terjadi kecelakaan tol Pekanbaru - Dumai, kekuatiran saya pun semakin memuncak. Sambil terus melanjutkan perjalanan, saya pun kemudian ekstra hati-hati dengan memperhatikan rambu-rambu lalu lintas yang ada.

Penampakan Gerbang Tol Pekanbaru | Dokpri
Penampakan Gerbang Tol Pekanbaru | Dokpri

Kasus kecelakaan di jalan tol saat hujan deras memang tidak sedikit terjadi. Beberapa hal yang bisa menjadi pemiicu kecelakaan di jalan tol ketika hujan deras adalah karena kecepatan kendaraan relatif cepat.

Kondisi hujan yang tiba-tiba turun dengan amat deras dapat menyebabkan terjadinya genangan air di ruas jalan yang juga dapat membuat jalan menjadi sangat licin. 

Jika hujan deras ditambah dengan angin kencang, dapat menyebabkan jarak pandang menjadi sangat pendek. Jika tidak dengan kewaspadaan tinggi, hal-hal ini dapat menjadi pemicu kecelakaan di jalan tol.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan saat terjebak dalam kondisi tak diduga seperti ini? Berikut 5 tips yang dapat saya berikan agar tetap aman mengemudi di jalan tol saat hujan deras.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun