Mohon tunggu...
ZYANDA AYU FIANSYAH
ZYANDA AYU FIANSYAH Mohon Tunggu... Lainnya - seorang staff

Zyanda Ayu Fiansyah 43121110074 Universitas Mercubuana Kewirausahaan 1 Dosen : Prof. Dr. Apollo, Ak., M.Si. Universitas Mercu Buana Menteng

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Bisnis Cookies dengan Penerapan Porters Five Generic Strategies

4 Mei 2023   23:52 Diperbarui: 13 Mei 2023   18:33 281
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis Cookies saat ini sedang berkembang dengan pesat. Tidak hanya menargetkan pada kalangan ibu-ibu saja, tetapi bisnis ini saat ini juga merambah target pasarnya pada anak muda dan remaja. 

Beberapa dari mereka menyukai produk cookies karena desain packaging yang menarik dan cocok untuk dijadikan hadiah pada orang terkasih. Pada Proposal bisnis ini, penulis akan melakukan analisis bisnis cookies dengan menerapkan "Porter's Five Generic Strategies". 

Melalui analisis ini, diharapkan akan memberikan sebuah solusi, ide, dan strategi bisnis baru yang dapat diterapkan untuk pencapaian tujuan bisnis yang maksimal.

 

Apa itu Porter's Five Generic Strategies?

"Porter's Five Generic Strategies" adalah strategi generik atau strategi umum yang dapat diterapkan bagi bisnis untuk memaksimalkan keunggulan kompetitif. Memaksimalkan keunggulan komperatif dapat menguntungkan bagi bisnis kedepannya sehingga akan berdampak pula bagi kelangsungan bisnis jangka panjang. 

Strategi generik Porter merupakan sebuah strategi yang digunakan untuk dapat mengungguli kompetitor melalui 3 landasan strategi yaitu keunggulan biaya, keunikan/diferensiasi produk, dan focus. 

  • Low Cost Leadership Startegy

Low Cost Leadership Startegy dicirikan dengan konsentrasi murahnya harga jual produk (Amelia, 2018). Strategi ini menekankan pada meminimalkan biaya dengan menekan biaya produksi, promosi, maupun pada pengembangan riset. Hal ini tidak sejalan dengan strategi diferensiasi dimana pengembangan riset berperan penting dan biaya tidak menjadi suatu masalah untuk bisa menghasilkan produk berkualitas yang lebih unggul dan menjanjikan. Konsep strategi ini pada akhirnya dapat menghasilkan harga jual yang lebih rendah sehingga dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

  • Differentiation strategy

Differentiation strategy adalah sebuah strategi yang dapat menciptakan suatu nilai bagi pelanggan. Nilai tersebut didapatkan dari adanya proses inovasi dan kreatifitas produk, pemakaian bahan berkualitas, pelayanan yang memuaskan, serta penerapan teknologi unggul yang dapat membuat suatu bisnis lebih unggul dari pesaingnya. Dalam mendukung adanya inovasi dan kreatifitas suatu produk, strategi ini berkebalikan dari strategi low cost dimana membutuhkan biaya lebih besar untuk mencapai hasil yang diinginkan.

  • Focus Strategy

Pada dasarnya strategi ini menekankan pada bagaimana bisnis dapat memenuhi kebutuhan pelanggan sesuai dengan segmentasi pasar. Konsumen dengan jumlah relatif kecil biasanya lebih tepat diterapkan dengan strategi ini dengan adanya besaran pasar yang cukup (market size). Porter membagi strategi ini menjadi dua yakni:

- Cost Focus : Menekankan pada upaya menekan biaya pada suatu pasar terfokus

- Differentiation focus :  Menekankan pada penciptaan keunikan produk pada suatu pasar yang terfokus


Bagaimana peran Porter's Five Generic Strategies terhadap kemajuan perkembangan bisnis cookies?

Penerapan Porter Five Generic Strategies pada bisnis cookies akan membantu bisnis mencapai sebuah keunggulan komperatif yang membedakan bisnis ini dengan pesaing lainnya. Hal tersebut dapat dijabarkan dengan:

  • Penerapan strategi biaya rendah membantu bisnis cookies untuk berupaya menerapkan sebuah keputusan bisnis yang mengutamakan proses produksi yang lebih efisien sehingga dapat mengoptimalkan beban biaya yang dikeluarkan. Dengan adanya proses produksi yang lebih efisien, hal ini tentunya berpengaruh pada penawaran harga produk cookies yang lebih rendah dari produk pesaing sehingga berkesempatan menarik pangsa pasar yang lebih besar dan luas. Contoh penerapan strategi ini yang akan digunakan pada bisnis cookies adalah sistem pembuatan cookies dengan mengunakan 'pre order' atau 'made  by order'. Hal ini dapat menjadi sebuah keunggulan dari pesaing yang lain karena cookies dapat bertahan lebih lama. Konsumen dapat menerima produk dalam keadaan 'fresh', renyah, dan berkualitas tinggi. Selain meningkatkan kualitas produk yang diterima konsumen, sistem 'made by order' dapat mengurangi biaya untuk tempat penyimpanan stok bahan, serta menghindari adanya kerugian yang lebih besar apabila produk cukup sulit untuk dipasarkan.
  • Penerapan strategi difrensiasi akan membantu bisnis cookies ini untuk terus berupaya meningkatkan inovasi dan kreatifitas pada produk. Pada saat ini, Bisnis cookies ini menawarkan berbagai varian rasa yaitu coklat, matcha, red velvet, keju, Nutella, kacang, oreo, dan biscoff. Cookies ini dikembangkan dengan berbagai ukuran dari mini, sedang, dan besar. Konsumen dapat memilih berbagai variasa rasa dan ukuran sesuai dengan selera masing-masing.  Konsumen juga dapat memilih packaging dari cookies yang telah dipilih. Bisnis cookies ini menyediakan pembungkus dengan standing pouch, cookies bag, toples mini, box, dan kemasan plastik. Pembeli dapat menyesuaikan dengan kondisi keuangan dan tujuan dari pembelian. Contohnya, pembelian cookies mini dengan kemasan standing pouch banyak dicari oleh kalangan anak muda sebagai hadiah ulang tahun. Selain menekankan pada packaging, bisnis cookies ini juga menekankan pada kualitas penggunaan produk premium. Telur yang digunakan adalah telur omega dengan full butter sehingga rasa menjadi lebih gurih dan menjadi pembeda yang paling signifikan dari pesaing lainnya.
  • Penerapan strategi focus biaya dengan target pasar segmen tertentu dapat diterapkan dengan kalangan remaja dan anak muda yang suka menjadikan cookies manjadi alternatif hadiah. Dengan harga yang lebih rendah dan kualitas rasa yang enak, lezat dan gurih membuat cookies ini banyak di cari oleh pelanggan.
  • Penerapan strategi focus diferensiasi dengan target pasar segmen tertentu dapat diterapkan dengan menawarkan keunikan dari cookies sesuai dengan kebutuhan konsumen. Bisnis cookies menyediakan kartu ucapan secara gratis dalam pembelian paket hampers sehingga pelanggan dapat tujuan kebutuhannya dalam pembelian cookies ini apabila hendak diberikan kepada orang terkasih.

Mengapa Porter's Five Generic Strategies menjadi sebuah stategi yang tepat untuk diterapkan pada bisnis cookies?

Saat ini bisnis cookies sangat berkembang pesat dimasyarakat. Produk ini disukai oleh semua kalangan usia, sehingga hal ini menjadi nilai dan peluang yang lebih dalam menjalankan bisnis ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun