Mohon tunggu...
ZETRY
ZETRY Mohon Tunggu... Dosen - Dosen dengan pendidikan tertinggi doktor dan memiliki sertifikat profesional sebagai seorang dosen

selain menjadi seorang dosen ZETRY nama panggilan akrab saya, dunia memasak adalah dunia yang menyenangkan bagi saya kuliner adalah hobby yang menjadikan saya suka mendatangi daerah tertentu hanya untuk mencoba kuliner khas nya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembelajaran Berdiferensiasi di SD Inklusif dan Wujudkan Pendidikan Untuk Semua Anak

29 Oktober 2024   13:15 Diperbarui: 29 Oktober 2024   13:24 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Oleh : 

Wendri Wiratsiwi

NIM 24011516001

Mahasiswa S3 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Surabaya

Tuban, 29 Oktober 2024 - Di Indonesia, pemahaman tentang pentingnya memberikan kesempatan yang setara bagi setiap anak, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, semakin meningkat. Pembelajaran berdiferensiasi adalah salah satu inovasi yang kini digunakan di SD inklusi. Metode ini memberikan pengalaman belajar yang relevan dan adaptif bagi setiap siswa, memenuhi kebutuhan kelas yang beragam.

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan yang berfokus pada memberikan materi sesuai dengan kemampuan, minat, dan gaya belajar setiap siswa. Dalam pendidikan inklusi, pembelajaran ini diterapkan dengan menyesuaikan strategi pengajaran dan evaluasi untuk siswa yang memiliki keterbatasan tertentu, seperti gangguan perilaku, sensorik, atau intelektual.

Pembelajaran berdiferensiasi pada dasarnya bertujuan untuk menerima perbedaan individu, seperti kemampuan, minat, dan gaya belajar. Hal ini menjadi lebih penting dalam lingkungan pendidikan inklusi karena siswa reguler dan siswa berkebutuhan khusus belajar dalam ruang kelas yang sama. Diharapkan bahwa penerapan metode ini akan membantu siswa berkembang sesuai dengan potensi mereka tanpa merasa tertekan atau tertinggal.

Setiap anak memiliki kemampuan dan cara belajar yang unik. Bu Naning salah satu guru di SD inklusi di Tuban, mengatakan bahwa tugas guru adalah membuat lingkungan belajar yang adaptif dan suportif. Ia menambahkan bahwa siswa dengan kecepatan belajar yang lebih lambat tetap dapat berkembang tanpa merasa tertinggal dengan pembelajaran berdiferensiasi, sementara siswa dengan kecepatan pemahaman yang lebih cepat dapat menghadapi tantangan yang lebih besar.

Konsep Pembelajaran di Sekolah Inklusi 

Konten, proses, dan produk adalah tiga komponen utama dari konsep inklusi SD.

  • Konten (Materi Ajar)
  • Materi pelajaran disesuaikan dengan kemampuan siswa. Siswa dengan gangguan pemahaman dapat diberikan bahan ajar yang lebih sederhana namun tetap mencakup kompetensi inti. Siswa yang cepat menangkap pelajaran, di sisi lain, dapat diberikan materi tambahan atau tantangan yang lebih kompleks untuk membantu mereka memaksimalkan kemampuan mereka.
  • Proses (Cara Belajar)
  • Guru menggunakan berbagai metode pengajaran untuk menyesuaikan gaya belajar siswa, seperti praktik langsung, visual, atau audio. Siswa dengan kebutuhan khusus, seperti disleksia atau autisme, dapat dibantu dengan media yang lebih khusus untuk membuat pelajaran lebih mudah dipahami. Siswa belajar bekerja sama dan menghargai perbedaan melalui pembelajaran berbasis kelompok.
  • Produk (Hasil Belajar)
  • Penilaian hasil belajar bukan hanya tes tertulis. Guru membiarkan siswa menunjukkan apa yang mereka pahami dengan presentasi, seni, atau proyek tim. Metode ini membantu siswa menjadi lebih kreatif dan memiliki rasa percaya diri saat berbicara tentang ide-ide mereka.

  • Kolaborasi Guru, Orang Tua, dan Tenaga Ahli
  • Pembelajaran berdiferensiasi di SD inklusi sangat bergantung pada kerja sama semua orang, termasuk orang tua, tenaga ahli, dan guru. Untuk memahami kebutuhan khusus siswa dengan disabilitas, guru harus bekerja sama dengan terapis atau psikolog. Orang tua juga membantu dan mendidik anak mereka tentang perkembangan mereka di rumah.

  • "Metode ini menuntut pendidik untuk menjadi lebih fleksibel dan terbuka terhadap perubahan., Tidak bisa hanya mengandalkan metode konvensional karena setiap anak memiliki keunikan masing-masing", ujar Bu Naning, salah satu guru di SD inklusi di Tuban.

  • Manfaat dan Tantangan Penerapan di Lapangan
  • Pembelajaran berdiferensiasi memiliki banyak manfaat, terutama dalam meningkatkan partisipasi dan motivasi siswa untuk belajar. Siswa merasa lebih dihargai karena proses belajar disesuaikan dengan minat dan kemampuan mereka. Selain itu, pembelajaran berdiferensiasi membantu siswa berkebutuhan khusus merasa lebih diterima di lingkungan sekolah yang inklusif.

  • Namun, ada beberapa masalah yang dihadapi guru saat menerapkan metode ini. Berikut adalah beberapa masalah yang mereka hadapi:
  • Karena keterbatasan waktu dan sumber daya
  • Guru harus menyiapkan berbagai materi dan pendekatan pengajaran untuk setiap kelompok siswa.
  • Rasio Guru dan Siswa
  • Kelas dengan banyak siswa dapat menjadi sulit karena guru harus membagi perhatian secara merata di antara siswa yang memiliki kebutuhan yang berbeda.
  • Minimnya pelatihan
  • Tidak semua guru terbiasa dengan konsep pembelajaran berdiferensiasi. Agar mereka lebih siap untuk menerapkannya, dibutuhkan pelatihan berkelanjutan.

  • Harapan dan Dukungan dari Pemerintah
  • Pemerintah dan dinas pendidikan harus mendukung metode pembelajaran berdiferensiasi di SD inklusi. Keberhasilan metode ini bergantung pada kurikulum yang fleksibel, fasilitas yang memadai, dan pelatihan guru.

  • "Kami berharap pemerintah memberikan lebih banyak pelatihan dan bimbingan teknis bagi para guru agar mereka bisa lebih siap menghadapi tantangan di lapangan," ujar Bu Naning, salah satu guru di SD inklusi di Tuban.

  • Pendidikan inklusif tidak hanya menjadi wacana lagi; itu benar-benar diterapkan sebagai prinsip pendidikan untuk semua karena sekolah diminta untuk berinovasi untuk membuat lingkungan belajar yang ramah dan mendukung bagi semua siswa.

  • Kesimpulan: Pendidikan yang Lebih Inklusif untuk Masa Depan
  • Pembelajaran berdiferensiasi di SD inklusif adalah langkah maju menuju pendidikan yang fleksibel dan inklusif untuk semua anak. Jika semua orang bekerja sama, penerapan metode ini dapat berdampak positif pada perkembangan siswa, meskipun sulit. Setiap siswa berhak atas pendidikan yang sesuai dengan potensinya dan membuat mereka merasa dihargai di sekolah.

  • Diharapkan inklusi SD di Indonesia dapat menjadi contoh nyata bahwa perbedaan bukanlah halangan untuk berkembang jika diterapkan secara teratur dan didukung secara berkelanjutan. Pendidikan yang inklusif dan berdiferensiasi adalah investasi penting untuk masa depan yang lebih adil dan setara bagi seluruh anak bangsa. Pendidikan inklusif terus berkembang di Indonesia seiring dengan meningkatnya pemahaman tentang pentingnya memberikan kesempatan yang setara bagi setiap anak, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Pembelajaran berdiferensiasi adalah salah satu inovasi yang kini digunakan di SD inklusi. Metode ini memberikan pengalaman belajar yang relevan dan adaptif bagi setiap siswa, memenuhi kebutuhan kelas yang beragam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun