ABSTRAK
penetapan materi pada kurikulum pendidikan geografi harus memperhatikan keberlanjutan pemahaman seperti yang di harapkan dan harus menempatkan suatu materi dengan memperhatikan aspek dasar penerimaan materi selanjutnya.
kurikulum ini menggambarkan proyek terhadap ilmu geografi sebagai penghubung antar ilmu sosial sebagai pendamping ilmu tersebut.
PENDAHULUANÂ
penetapan kurikulum pendidikan geografi sangat di perlukan untuk memerhatikan materi sebagai dasar pembahasan ilmu geografi, kesiapan dan kematangan pada materi yang sudah di susun harus di kuasai oleh seorang guru terutama pola-pola sambutan sampai tahapan materi tersebut. di sini peran guru sangat penting dalam mengembangkan ilmu pendidikan dan mampu merancang sistem pembelajaran yang dapat mempengaruhi siswa siswi senang dan giat dalam belajar, Â karena sebagaimana prinsip kurikulum adalah sebagai pengembang karakter anak-anak indonesia.Â
PEMBAHASANÂ
A. penetapan ilmu geografi pada kurikulum 2013
kurikulum 2013 adalah salah satu konsep kurikulum yang mampu mengembangkan tugas-tugas dengan standar tertentu, sehingga dapat di pahami oleh peserta didik dan hasilnya dapat di peroleh kemudian di kuasai. kurikulum 2013 merupakan sistem pendidikan yang menekankan pada keseimbangan kemampiuan yang di mulai dari standar kompetensi, lulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian.
B. karakteristik mata pelajaran geografi
geografi ialah ilmi yang menceritakan sifat-sifat bumi, gejala-gejala alam, dan penduduk. geografi juga mempelajari corak khas kehidupan, pada hakikatnya geografi memiliki kemampuan untuk mencari fungsi dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu. karateristik geogragfi juga memiliki implikasi terhadap pembelajaran geografi di sekolah, yang mengharuskan peserta didik mampu memahami fenomena-fenomena yang ada di bumi. tetapi, guru juga harus mampu menyajikan ilustrasi persoalan materi secara rinci.
C. kurikulum 2013 dalam pembelajaran geografi