Mohon tunggu...
Zulkarindah Fida Roini
Zulkarindah Fida Roini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Saya adalah mahasiswi Prodi Pariwisata, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada

Saya memiliki hobi travelling, backpacker, dan berolahraga. Olahraga favorit saya adalah bulu tangkis.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Kuliner Sambil Mancing di Ledok Gebang

16 Desember 2023   21:09 Diperbarui: 24 Desember 2023   00:32 1154
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Aneka masakan seafood di Ledok Gebang (Sumber: Dokumentasi pribadi)

Siapa sangka, di tengah perkotaan Yogyakarta ada spot mancing. Ledok Gebang namanya. Terletak di Dusun Krajan, Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Merupakan spot mancing sekaligus kuliner olahan laut yang sempat viral di Tiktok beberapa waktu lalu. Karena penasaran, saya tertarik mengunjungi rumah makan ini. 

Pada 26 November 2023, saya diajak teman untuk memancing di sela-sela kesibukan kuliah semester 5. Karena terdengar menarik, akhirnya saya mengiyakan ajakan tersebut. Saya langsung bersiap-siap dan berangkat ke Ledok Gebang. Saya berangkat naik sepeda motor dari kos. Perjalanan menuju Ledok Gebang memakan waktu kurang lebih 10 menit dari kos saya yang terletak di Jalan Kaliurang kilometer 5.

Saya tiba di lokasi sekitar pukul 11 pagi. Tiba di parkiran, saya langsung memarkirkan motor. Tempat parkirnya luas dan ada banyak pohon. Pohon-pohonn yang ada di parkiran membuat teduh sehingga panas matahari tidak begitu menyengat.

Setelah memarkirkan motor, saya segera masuk ke area pemancingan untuk menyusul teman. Ketika masuk, saya melihat ada kolam ikan buatan yang menyatu dengan alam.

Air kolamnya cukup jernih sehingga ikan-ikan yang berenang dapat terlihat dengan jelas. Lokasinya juga rindang karena dikelilingi oleh pepohonan. Angin yang berhembus terasa sejuk ditambah pemandangan kolam yang memanjakan mata. 

Pemandangan Ledok Gebang (Sumber: Dokumentasi pribadi)
Pemandangan Ledok Gebang (Sumber: Dokumentasi pribadi)

Karena rumah makan ini didesain sebagai kolam pemancingan, terlihat semua pengunjung memancing ikan di sini. Mereka menyewa pancing yang disediakan oleh rumah makan.

Bahkan ada juga yang membawa pancing dari rumah. Karena tidak memiliki pancing, saya menyewa pancing yang disediakan oleh rumah makan. Cukup membayar Rp 6.000,00 kamu sudah bisa menyewa pancing, karung, dan mendapatkan sebungkus pelet ikan. 

Konsep penataan rumah makan ini semacam rumah makan apung. Konstruksinya alami. Alas yang kami injak dan duduki terbuat dari bambu. Setiap gazebo, terdapat meja kecil untuk menaruh makanan.

Tempat makan berada di atas kolam sehingga tampak menyatu dengan alam. Pengunjung bisa memancing dengan nyaman di meja makan masing-masing. Ketika sudah memesan satu meja, kita masih bisa mondar-mandir mencari spot mancing yang lebih nyaman. Pengunjung diberi kebebasan untuk memilih lokasi memancing yang diinginkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun