Mohon tunggu...
Farah Naila Zulfa
Farah Naila Zulfa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Zulfa

Yayaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Penggunaan Papan Ciri-Ciri Bangun Datar Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Edutainment Kelas 4 SD Negeri Sebomenggalan, Purworejo

1 Juni 2024   23:18 Diperbarui: 1 Juni 2024   23:26 551
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Dokumen pribadi) Gambar 1. Dokumentasi simulasi menggunakan media pembelajaran Papan Ciri-Ciri Bangun Datar

Simulasi pembelajaran menggunakan Papan Ciri-Ciri Bangun Datar dilakukan pada hari Kamis, 25 April 2024. Simulasi dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo dari kelompok 4 kelas 6B. Simulasi pembelajaran berbasis edutainment dilakukan pada pembelajaran Matematika materi Ciri-Ciri Bangun Datar. Simulasi pembelajaran berbasis edutainment ini dilakukan untuk pemenuhan tugas mata kuliah Edutainment Skill dengan dosen pengampu ibu Nur Ngazizah, S. Si, M. Pd. Simulasi ini dilakukan di SD Negeri Sebomenggalan tepatnya di kelas 4.

Simulasi pembelajaran berbasis edutainment dilaksanakan dengan melibatkan seluruh siswa kelas 4 SD Negeri Sebomenggalan serta guru kelas 4. Pada simulasi pembelajaran berbasis edutainment ini, dilakukan menggunakan 3 metode. Metode yang digunakan yaitu metode pembelajaran menggunakan media pembelajaran Papan Ciri-Ciri Bangun Datar, ice breaking, serta lagu pembelajaran yang berjudul Jenis-Jenis Bangun Datar. Tujuan diadakan pembelajaran berbasis edutainment ini adalah untuk memberikan kesan menyenangkan pada pembelajaran. 

Hal ini selaras dengan pengertian dari pembelajaran edutainment yaitu pembelajaran yang mengintegrasikan materi pembelajaran dan hiburan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Dalam pembelajaran berbasis edutainment, dilakukan dengan menerapkan beberapa teknik diantaranya yaitu; menciptakan pembelajaran yang kondusif dengan mengondisikan lingkungan untuk belajar, menumbuhkan dan meningkatkan motivasi belajar siswa, memahami karakter dan gaya belajar siswa, serta melakukan pembelajaran dengan aktif dan maksimal.

Pada simulasi yang telah dilakukan, pembelajaran diawali dengan salam dan dilanjutkan berdoa bersama. Kemudian dilakukan presensi dan apersepsi kepada siswa yang dilanjutkan dengan pertanyaan pemantik seputar bangun datar dan ciri-cirinya. Untuk membuat siswa memulai pembelajaran dengan semangat dan senang, dilakukan ice breaking. Setelah itu, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok sehingga mereka dapat melaksanakan pembelajaran sembari meningkatkan kemampuan komunikasi mereka. Di sini siswa akan diperkenalkan dengan media pembelajaran Papan Ciri-Ciri Bangun Datar. 

Papan Ciri-Ciri Bangun Datar merupakan media pembelajaran yang dibuat untuk memepermudah guru dalam menjelaskan materi ciri-ciri bangun datar kepada siswa. Media pembelajaran ini berbahan dasar papan yang dilapisi kertas asturo berbagai warna serta berisi gambar dan materi dengan bermacam warna supaya lebih menarik. Pada media pembelajaran ini, dilengkapi materi dan gambar yang relevan dengan pembelajaran ciri-ciri bangun datar.

(Dokumen pribadi)  Gambar 2. Siswa mengamati media pembelajaran Papan Ciri-Ciri Bangun Datar
(Dokumen pribadi)  Gambar 2. Siswa mengamati media pembelajaran Papan Ciri-Ciri Bangun Datar

Dalam pembelajaran, siswa dipersilahkan untuk mengamati Papan Ciri-Ciri Bangun Datar serta menganalisis dan memahami materi di dalamnya. Siswa diminta untuk mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Penggunaan media pembelajaran Papan Ciri-Ciri Bangun Datar serta pengaitannya dengan kehidupan nyata bertujuan untuk dapat menvisualisasikan materi kepada sisiwa agar materi lebih mudah diterima dan dipahami oleh siswa. Dalam simulasi pembelajaran ini, siswa secara berkelompok mengamati dan menganalisisn Papan Ciri-Ciri Bangun Datar secara beeersama-sama untuk dapat mengerjakan LKPD yang telah diberikan.

Media pembelajaran Papan Ciri-Ciri Bangun Datar berbentuk papan dengan tali untuk menggantungnya. Media pebelajaran Papan Ciri-Ciri Bangun Datar didesain agar gambarnya dapat dilepas pasang sehingga memungkinkan digunakan sebagai media permainan. Yang telah dilakukan pada simulasi pembelajaran ini adalah melepas semua gambar dan nama bangun datar sehingga hanya terlihat ciri-cirinya saja. Dari ciri-ciri yang diperlihatkan, siswa dilatih untuk mengingat-ingat bangun datar mana yang memiliki ciri-ciri tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetes pengetahuan siswa serta mengasah daya ingat siswa.

(Dokumen pribadi) Gambar 3. Media pembelajaran Papan Ciri-Ciri Bangun Datar
(Dokumen pribadi) Gambar 3. Media pembelajaran Papan Ciri-Ciri Bangun Datar

Penggunaan media pembelajaran Papan Ciri-Ciri Bangun Datar mendapat respon baik dari siswa dan guru. Setelah melakukan pembelajaran menggunakan Papan Ciri-Ciri Bangun Datar, dilakukan refleksi kepada siswa kelas 4. Dari hasil refleksi, didapatkan bahwa siswa kelas 4 merasa pembelajaran menggunakan media pembelajaran Papan Ciri-Ciri Bangun Datar sangat menyenangkan dan tidak membosankan. Siswa lebih mudah menghafalkan ciri-ciri dari bangun datar dan mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari dengan baik. Hal ini dibuktikan pada saat kegiatan review materi hari ini, siswa dapat menjawab pertanyaan mengenai materi ciri-ciri bangun datar dengan baik dan benar. Simulasi dapat dilihat di youtube simulasi pembelajaran menggunakan media pembelajaran Papan Ciri-Ciri Bangun Datar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun