Mohon tunggu...
Zulfa Nur Rokhisa
Zulfa Nur Rokhisa Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa PPG Prajabatan

Saya saat ini merupakan mahasiswa PPG Prajabatan di Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

3 Oktober 2024   11:24 Diperbarui: 3 Oktober 2024   11:36 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Yogyakarta, 11 September 2024 - Penelitian yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta berhasil menunjukkan peningkatan pada kemampuan berpikir kritis siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Google Sites. Penelitian yang dilaksanakan oleh Zulfa Nur Rokhisa ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta yang merupakan kelas peminatan ICT pada materi statistika khususnya pada penyajian data dan ukuran pemusatan data. 

Selain itu, peneliti juga ingin mengintegrasikan pembelajaran dengan teknologi melalui media pembelajaran berupa Google Sites yang berisi rangkuman materi, video pembelajaran, LKPD, dan soal-soal latihan. Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi ini dipilih karena kelas tersebut merupakan kelas peminatan ICT yang mana dalam pembelajarannya guru diharapkan mampu menggunakan teknologi.

Media Pembelajaran Google Sites/https://sites.google.com/view/belajarstatistika/beranda
Media Pembelajaran Google Sites/https://sites.google.com/view/belajarstatistika/beranda

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek siswa kelas VIII B yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Pra Siklus persentase kemampuan berpikir kritis matematis siswa sebesar 28% yang tergolong pada kategori sangat rendah. Pada Siklus I, persentase kemampuan berpikir kritis matematis siswa meningkat menjadi 67% yang tergolong pada kategori sedang dimana terjadi peningkatan sebesar 39%. Selanjutnya pada Siklus II, persentase kemampuan berpikir kritis matematis siswa meningkat menjadi 81% yang tergolong pada kategori tinggi dimana terjadi peningkatan sebesar 14%. Hal ini menunjukkan keberhasilan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan berbantuan Google Sites dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis pada materi statistika di kalangan siswa kelas VIII.

Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation berbantuan Google Sites memberikan kontribusi positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Para siswa menunjukkan peningkatan dalam kemampuan interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Dengan pencapaian ini, diharapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan berbantuan Google Sites dapat terus digunakan dan dikembangkan dalam pembelajaran matematika di masa depan.

Berita acara ini dibuat setelah suksesnya seminar hasil penelitian yang diselenggarakan di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta pada tanggal 11 September 2024.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun