kemampuan berpikir kritis siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Google Sites. Penelitian yang dilaksanakan oleh Zulfa Nur Rokhisa ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta yang merupakan kelas peminatan ICT pada materi statistika khususnya pada penyajian data dan ukuran pemusatan data.Â
Yogyakarta, 11 September 2024 - Penelitian yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta berhasil menunjukkan peningkatan padaSelain itu, peneliti juga ingin mengintegrasikan pembelajaran dengan teknologi melalui media pembelajaran berupa Google Sites yang berisi rangkuman materi, video pembelajaran, LKPD, dan soal-soal latihan. Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi ini dipilih karena kelas tersebut merupakan kelas peminatan ICT yang mana dalam pembelajarannya guru diharapkan mampu menggunakan teknologi.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek siswa kelas VIII B yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Pra Siklus persentase kemampuan berpikir kritis matematis siswa sebesar 28% yang tergolong pada kategori sangat rendah. Pada Siklus I, persentase kemampuan berpikir kritis matematis siswa meningkat menjadi 67% yang tergolong pada kategori sedang dimana terjadi peningkatan sebesar 39%. Selanjutnya pada Siklus II, persentase kemampuan berpikir kritis matematis siswa meningkat menjadi 81% yang tergolong pada kategori tinggi dimana terjadi peningkatan sebesar 14%. Hal ini menunjukkan keberhasilan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan berbantuan Google Sites dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis pada materi statistika di kalangan siswa kelas VIII.
Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation berbantuan Google Sites memberikan kontribusi positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Para siswa menunjukkan peningkatan dalam kemampuan interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Dengan pencapaian ini, diharapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan berbantuan Google Sites dapat terus digunakan dan dikembangkan dalam pembelajaran matematika di masa depan.
Berita acara ini dibuat setelah suksesnya seminar hasil penelitian yang diselenggarakan di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta pada tanggal 11 September 2024.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H