Konsep Dasar Pembelajaran
Pembelajaran adalah proses dimana siswa berinteraksi dengan guru dan sumber lainnya untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, sikap dan pemahaman baru. Pembelajaran dapat terjadi secara formal di lingkungan sekolah atau secara informal melalui kehidupan sehari-hari. Pembelajaran juga memiliki tujuan utama, diantaranya untuk meningkatkan pemahaman siswa, memperoleh keterampilan yang baru, dan mengembangkan pola berpikir kritis.
1. Konsep Dasar Pembelajaran
Konsep dasar pembelajaran adalah suatu proses perencanaan untuk belajar dengan tujuan mencapai hasil yang maksimal. Konsep dasar pembelajaran diartikan sebagai landasan pembelajaran ilmiah, intregrasi antara konsep yang diajarkan dan yang dipelajari, serta penekanan pada aktivitas yang diajarkan. Berikut beberapa konsep dasar pembelajaran:
1.Pembelajaran kooperatif yaitu pembelajaran yang melibatkan kelompok kecil orang yang bekerja sama untuk memaksimalkan apa yang mereka pelajari sendiri dan apa yang mereka pelajari dari satu sama lain.
2.Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual adalah konsep belajar yang membantu seorang guru untuk menghubungkan materi apa yang mereka ajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Pembelajaran ini juga mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan menerapkan kehidupan sehari-hari.
3.Pembelajaran konstruktivisme yaitu model pembelajaran yang berpusat pada bagaimana siswa mengonstruksi pengalaman dan pengetahuan mereka.
4.Pembelajaran secara Taksonomi Bloom adalah pendekatan yang digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran berdasarkan tingkat kemampuan berpikir yang harus dimiliki setiap siswa.
5.Pembelajaran secara epistomologi yaitu untuk mengajarkan siswa bahwa pengetahuan harus diuji dan divalidasi.
6.Konsep dasar mengajar yaitu membentuk dasar teoritis untuk membuat strategi pembelajaran yang efektif.
2. Konsep Pembelajaran Yang Ada Di Indonesia