Mohon tunggu...
Zulfah AnaliAgustin
Zulfah AnaliAgustin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Sriwijaya

Mahasiswa Semester 5 Program Studi Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saya sangat Menyukai hal hal baruu✨

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Strategi Pembelajaran Inklusif di PAUD Az-zaitun untuk Mendorong Kesetaraan dan Kemandirian Anak

20 Mei 2024   02:12 Diperbarui: 20 Mei 2024   02:29 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Strategi pembelajaran inklusif yang diterapkan di PAUD Azzaitun berhasil mendorong kesetaraan dan kemandirian anak dengan mengadopsi pendekatan yang fleksibel, beragam, dan berfokus pada kebutuhan individu. Melalui desain kurikulum yang inklusif, metode pembelajaran diferensiasi, serta pengembangan keterampilan hidup dan proyek kolaboratif, PAUD Azzaitun menciptakan lingkungan belajar yang mendukung semua anak, tanpa memandang latar belakang atau kemampuan mereka. Observasi menunjukkan bahwa pendekatan ini tidak hanya meningkatkan partisipasi dan prestasi akademik, tetapi juga memperkuat perkembangan sosial-emosional dan kemandirian anak.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah fondasi penting dalam membentuk masa depan anak-anak. Di PAUD Azzaitun, strategi pembelajaran inklusif diterapkan untuk memastikan setiap anak mendapatkan kesempatan belajar yang setara dan mendukung perkembangan kemandirian mereka. Strategi ini telah menunjukkan hasil yang positif dalam menciptakan lingkungan belajar yang adil dan memberdayakan.

Di PAUD Azzaitun, pendekatan inklusif diwujudkan melalui beberapa strategi, antara lain:

1. Desain Kurikulum yang Fleksibel

Kurikulum di PAUD Azzaitun dirancang dengan fleksibilitas tinggi agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan setiap anak. Hal ini memungkinkan anak-anak dengan berbagai kemampuan untuk belajar bersama dalam satu kelas, menciptakan lingkungan yang heterogen dan saling mendukung.

2. Penggunaan Metode Pembelajaran Diferensiasi

Guru-guru di PAUD Azzaitun dilatih untuk menerapkan metode pembelajaran diferensiasi, yaitu metode yang memungkinkan materi pembelajaran disampaikan dengan cara yang beragam sesuai dengan kebutuhan individu anak. Dengan demikian, setiap anak dapat belajar dengan cara yang paling efektif bagi mereka.

3. Sarana dan Prasarana yang Ramah Anak

PAUD Azzaitun dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang mendukung inklusi, seperti alat bantu belajar untuk anak berkebutuhan khusus, ruang kelas yang dapat diakses oleh semua anak, dan area bermain yang aman dan nyaman bagi semua.

Membangun Kemandirian Anak

Kemandirian adalah salah satu aspek penting yang dikembangkan melalui strategi pembelajaran di PAUD Azzaitun. Beberapa langkah yang diambil untuk mendorong kemandirian anak antara lain:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun