Di era teknologi 5.0 yang digagas di jepang tahun 2019 lalu, masyarakat mulai mengkonsumsi internet lebih terutama dalam penggunaan sosial media. Hal ini tidak luput dari perubahan konsep marketing produk yang dilakukan oleh pebisnis modern, yaitu dengan menggunakan Social Media Management.
Social Media Management adalah proses mengelola dan mengiklankan konten produk di saluran media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, YouTube, Pinterest, dsb. Hal ini sangat cocok untuk meningkatkan audience menjadi customer, customer menjadi pelanggan dan menyebarkan informasi akan produk yang pebisnis jual dan meningkatkan penjualan.
Dikutip dari jurnal Janek B, dkk, ada 2 cara yang dilakukan customer untuk mengenal suatu produk yang pertama dari mulut ke mulut. Biasanya konsumen yang pernah mencoba suatu produk akan memberikan review ke customer lain akan produk yang pernah dibeli.
Hal kedua adalah dengan melihat iklan yang menarik, baik secara tampilan ataupun isi di media sosial. oleh karena itu, branding produk di sosial media sangatlah penting untuk medapat pelanggan baru.
Bentuk Social Media ManagementÂ
Social Media Marketing adalah salah satu bentuk strategi pemasaran yang memanfaatkan media sosial dalam memasarkan suatu brand atau produk dan layanan informasi untuk para customer. Cara yang digunakan adalah dengan menciptakan konten berupa posting, tulisan, gambar, maupun video yang menarik perhatian dan mendorong Audience untuk berinteraksi  dan  membagi konten tersebut melalui jaringan sosialnya.
Social Media Management StrategiesÂ
1) Memilih komunitas media sosial yang professional
Hal ini berguna untuk membantu customer dalam mengelola sosial media secara professional.
2) Membuat konten yang sesuai dengan produk dan keinginan yang anda mau
Konten yang dibuat akan menyesuaikan produk dan platform yang anda miliki sehingga dapat terhubung dengan customer anda