Memiliki situs atau website tidak cukup sekedar mampu mengelola dalam hal kontennya saja, namun juga harus mampu mengelola agar situs tersebut mendapat kunjungan yang tinggi. Beragam cara dapat dilakukan untuk mendapat kunjungan yang tinggi, salah satunya ialah melakukan optimalisasi SEO tersebut.
Google sebagai mesin pencari masih sangat menyukai situs-situs yang rajin membuat konten pada situs. Semakin rajin situs mengisi konten situs akan semakin tinggi penilaian yang diberikan Google pada situs tersebut. Namun selain sering mengisi konten, faktor penilaian lain juga turut mempengaruhi Google dalam memberikan penilaian. Seperti, SEO, kata kunci, tampilan dan lain-lain akan mempengaruhi akan berada pada halaman berapa sebuah situs.
Mendatangkan traffic yang banyak
Setiap pemilik situs pasti ingin jika situsnya banyak dikunjungi. Salah satu cara terbaik untuk mendapat pengunjung tinggi yaitu berada dihalaman utama untuk sebuah kata kunci. Sebuah kata kunci akan mengiring pengunjung untuk masuk ke dalam sebuah situs. Pengunjung akan mencari konten situs yang relevan sesuai dengan kata kunci yang mereka masukkan. Lalu bagaimana situs bisa berada di halaman utama sebuah kata kunci?
Konten is a king
Ya, rajin membuat konten merupakan hal yang sangat di sukai oleh Google. Google akan memberikan penilaian terhadap sebuah situs yang rajin membuat konten. Konten yang dapat paling sering di isi ialah konten tulisan atau blog. Maka dari itu kita sering melihat sebuah situs memiliki laman blog.Â
Laman blog ini dapat di isi setiap hari. Bagi yang memperkerjakan seorang penulis konten, blog ini harus di update setiap hari. Minimal 2 - 5 konten perhari dengan kata kunci yang benar-benar ingin dikejar. Selain konten tulisan, situs juga bisa rajin mengisi konten situs lain berdasarkan laman-laman yang dicantumkan dalam situs dan konten visual seperti foto dan video.
Pastikan konten situs SEO Friendly
Dalam membuat konten pastikan konten tersebut SEO Friendly. Dengan SEO Friendly akan memudahkan Google atau mesin pencari membaca tema dari konten tersebut serta isi dari konten tersebut. Dalam sebuah konten tulisan, membuat tulisan atau artikel yang SEO Friendly terdapat beberapa kaidah. Seperti penggunaan kata kunci dalam judul, relevansi kata kunci pada subjudul, penjelasan deskripsi, meta tag, dan lain-lain.
Agar dapat memahami konten tulisan atau artikel yang SEO Friendly dapat dibaca disini.
Melakukan optimalisasi On page SEO
Melakukan optimalisasi On Page SEO ialah dengan melakukan usaha agar situs terasa SEO Friendly. Tidak hanya konten artikel yang harus SEO Friendly tapi juga situs yang wajib mengandung SEO agar mudah dipahami oleh mesin pencari.Â
Melakukan optimalisasi seperti melakukan meta deskripsi situs harus lengkap dan mengandung unsur kata kunci tertentu, sematkan alt text disetiap gambar yang dicantumkan dalam situs, dan headings dari H1-H6 yang mengandung relevansi dari kata kunci. Selain itu kecepatan situs yang tidak memakan waktu dan konten situs yang relevan juga termasuk dalam On Page SEO.Â
Faktor ini akan mempengaruhi penilaian mesin pencari terhadap situs, semakin relevansi dan semakin SEO Friendly konten yang disajikan akan semakin tinggi penilaian mesin pencari terhadap situs. Dengan begitu maka situs akan semakin mudah menanjak ke halaman awal untuk dapat bersaing dengan situs lain yang mengejar kata kunci yang sama. Â