Mohon tunggu...
Zul Ahmad Eka Ardian
Zul Ahmad Eka Ardian Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Found from the inside

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Percaya Diri Kunci Utama Sukses!

1 Maret 2014   22:43 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:20 288
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1393663062601276129

Saya sering berandai - andai 5 - 10 tahun lagi saya akan jadi orang seperti apa? Apakah saya bisa sukses? Atau malah sebaliknya. Tapi saya sebagai orang yang “berpendidikan” tentu saya akan berfikir saya akan sukses, saya harus sukses dan saya pasti bisa sukses. Apa saya terlalu percaya diri akan kemampuan saya dalam persaingan di era modern ini? Tentu sah - sah saja saya percaya diri akan kemampuan saya. Bahkan sangat perlu dan penting setiap orang memiliki sifat percaya diri. Arti kata percaya itu sendiri dalam kamus bahasa Indonesia yaitu yakin benar atau memastikan akan kemampuan atau kelebihan seseorang atau sesuatu (bahwa akan dapat memenuhi harapannya).

Sebenarnya apa sih yang membuat percaya diri sangat penting atau merupakan langkah utama dalam meraih kesuksesan? Tanpa sikap percaya akan kemampuan sendiri pasti dalam melakukan sesuatu untuk  menuju tujuannya pun akan sulit tercapai. Kenapa bisa begitu? Karena ketika seseorang tidak memiliki kepercayaan diri, maka orang tersebut akan cenderung menjadi orang yang pasif dan dan hanya ikut- ikutan saja. Itulah pentingnya percaya diri harus dimiliki pribadi yang menempuh kesuksesan seperti kita. Memang banyak yang bilang jika mengandalkan percaya diri saja tidak cukup untuk meraih sukses, dan itu memang benar. Jadi untuk meraih kesuksesan kita tidak boleh hanya berpatokan kepada percaya diri saja, masih banyak aspek lainnya yang juga harus dimiliki “calon peraih sukses”, seperti kerja keras, giat, rajin, ulet, tekun, sikap ramah terhadap rekan, do’a, dan lain - lain. Namun kita kembali lagi ke topik utama kita yaitu percaya diri merupakan langkah utama untuk meraih kesuksesan.

[caption id="attachment_325390" align="alignnone" width="300" caption="Sumber gambar: http://www.google.com/imgres?sa=X&biw=1242&bih=582&tbm=isch&tbnid=MioQVIwU5VVKPM%3A&imgrefurl=http%3A%2F%2Fwww.masterfajar.com%2F2013%2F01%2Ftips-mudah-meningkatkan-rasa-percaya-diri%2F&docid=EblJmoNiclKoEM&imgurl=http%3A%2F%2F3.bp.blogspot.com%2F-KDxaHiZ7mc8%2FT_Ly8fR_9MI%2FAAAAAAAACws%2FI81sDmU6lNA%2Fs1600%2FCara%252BMeningkatkan%252BPercaya%252BDiri.jpg&w=400&h=323&ei=7YYRU- iNMMTTrQflzYDACA&zoom=1&ved=0CIIBEIQcMA4&iact=rc&dur=695&page=2&start=11&ndsp=15"][/caption]

Saya pernah membaca pepatah yang berbunyi seperti ini “ Percaya diri itu sangat penting, bagaimana anda bisa membuat orang lain percaya kepada anda jika anda tidak percaya akan kemampuan anda sendiri”. Dan bagi saya pepatah diatas ini sangat “mengena” sekali dalam lubuk hati dan pikiran saya.

Saya berharap dengan adanya artikel ini pembaca khususnya penulis mampu meningkatkan kepercayaan diri akan kempampuannya dalam menghadapi tantangan sehari- hari. Tidak ada kata tua untuk mulai berkarya dan tidak ada kata terlambat untuk memulai. Semoga memotivasi kita semua.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun