Mohon tunggu...
Sarifuddin Zuhri
Sarifuddin Zuhri Mohon Tunggu... Hoteliers - Manusia Pembelajar

Sudah dari kecil hobi membaca. Semua yang ada tulisannya dilahap habis. Bukan hanya sekedar kutu buku melainkan predator buku. Supaya seimbang kegiatan membaca diimbangi dengan menulis tentang apa saja. Bertambah dewasa semakin menyadari bahwa menulis dan membaca dapat mengantarkan manusia menuju ke kebahagiaan hidup.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Asyik dengan Al Quran

8 Juni 2020   20:21 Diperbarui: 8 Juni 2020   20:19 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Malam itu selesai ngaji kami berkumpul di warung sate. Sambil menunggu datangnya sate dan sop kambing, saya memulai obrolan dengan salah seorang teman yang kebetulan duduk tepat di depan saya.

" Eh, kamu koleksi buku gak di rumah ? "

" Gak ada, Bang," singkat dia menjawab.

" Buku-buku agama, sosial, sastra, sastra atau lainnya yang menarik dan bermanfaat untuk dibaca. Masak gak ada, sih?"

Teman saya tidak mengeluarkan sepatah katapun dari bibirnya. Dia hanya menggeleng. Saya jadi penasaran.

Saya terus bertanya.

" Terus apa yang kamu baca kalau ada waktu luang ?"

" Al Qur'an. Dimanapun dan kapanpun selalu saya baca," jawabnya dengan mantap.

Saya terdiam. Tak mampu berkata apa-apa. Dalam hati saya membatin, pantas diantara kami semua hanya dialah yang suaranya terdengar merdu tatkala melantunkan ayat-ayat Al Qur'an. Lha wong setiap ada kesempatan digunakan untuk mengaji. Asyik sekali dia bergaul dengan Al Qur'an. 

Mendengar apa yang dia katakan, saya merasa tersindir. Betapa banyak waktu yang telah saya sia-siakan untuk hal yang tidak ada gunanya. Bukannya ngaji saya malah justru asyik baca gosip selebriti. 

Terimakasih teman atas obrolan singkat yang membuat saya tersadar. Saya bertekad untuk mengikuti jejakmu. Sungguh beruntung saya memiliki teman seperti dirimu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun