Mohon tunggu...
Z Karen Faalikhah
Z Karen Faalikhah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen

Haloo Saya Karen, Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia di Kampus UMNU Kebumen

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengenal Gaya Belajar Siswa : Pendekatan Psikologi Pendidikan

9 Januari 2025   21:05 Diperbarui: 9 Januari 2025   21:06 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Gaya belajar merupakan suatu cara dalam menerima, mengolah, mengingat dan menerapkan informasi dengan pembelajaran mudah. Dengan mengetahui gaya belajar siswa, guru dapat membantu siswa belajar sesuai dengan gaya belajar mereka, sehingga prestasi belajar mereka dapat tumbuh dengan baik dengan belajar sesuai dengan gaya belajar mereka. Gaya belajar, juga dikenal sebagai "learning style", adalah teknik belajar yang lebih disukai oleh seseorang dalam melakukan aktivitas berpikir, memproses, dan memahami informasi (Gunawan, 2006). Nasution (2009) menggambarkan gaya belajar sebagai cara yang konsisten di mana siswa bertindak terhadap stimulus dan informasi, mengingat, berpikir, dan memecahkan soal. Berdasarkan beberapa definisi yang diberikan oleh para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa gaya belajar adalah cara seseorang merespon dan mengelola pengetahuan dan informasi untuk menyelesaikan masalah dan menerapkannya dalam kehidupan.

  • Jenis -- Jenis Gaya Belajar

Gaya belajar adalah komponen penting yang harus diperhatikan oleh guru dan siswa karena gaya belajar menjadi kunci keberhasilan siswa. Guru harus mengetahui gaya belajar masing-masing siswa sehingga mereka dapat belajar dengan cara yang aktif dan efektif. Seorang guru yang sukses dikatakan mengetahui kebutuhan siswa dan memperlakukan mereka dengan cara yang sesuai, termasuk metode belajar. Oleh karena itu, guru harus mengidentifikasi gaya belajar siswa mereka untuk mengetahui kecenderungan gaya belajar mereka. Guru yang mengetahui kecenderungan gaya belajar siswa akan membuat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan efektif, yang berarti hasil belajar yang lebih baik. Guru harus mampu menerapkan tiga gaya belajar yang dimiliki oleh siswa di dalam  kelas. Gaya belajar tersebut diantaranya, yaitu:

  • Gaya belajar visual

Gaya belajar visual berpusat pada penglihatan, dan biasanya memerlukan melihat sesuatu secara visual untuk membuatnya lebih mudah dipahami dan dipahami. Selain itu, penggunaan warna, garis, dan bentuk membuat belajar lebih mudah.

  • Gaya belajar auditori

Orang-orang dengan gaya belajar auditori bergantung pada pendengaran saat menerima informasi. Orang-orang seperti ini tidak masalah dengan menggunakan media visual saat mengajar; yang penting adalah mendengarkan guru dengan baik dan jelas. Jadi, orang yang mendengar biasanya paling peka dan ingat semua ucapan yang pernah didengar daripada apa yang dilihat.

  • Gaya belajar kinestetik

Belajar yang melibatkan gerakan disukai oleh pendekatan pembelajaran ini. Orang-orang seperti ini biasanya merasa lebih mudah mempelajari jika mereka tidak hanya membaca buku tetapi juga menerapkan apa yang mereka baca. Pengalaman kinestetik yang berbeda akan dihasilkan dari melakukan atau menyentuh objek yang dipelajari.

Psikologi pendidikan melibatkan pemahaman tentang bagaimana prinsip-prinsip psikologi membantu individu belajar. Untuk memastikan bahwa semua siswa memahami pelajaran, guru atau fasilitator dapat menggunakan pendekatan multimodal, termasuk pendekatan visual, verbal, dan kinestetik. Memahami kebutuhan individu, membuat lingkungan belajar yang mendukung, dan menggunakan strategi yang sesuai dengan teori psikologi meningkatkan efisiensi pembelajaran. Hal ini membantu siswa memaksimalkan potensi mereka.

  • Manfaat Memahami Gaya Belajar
  • Bagi siswa : Siswa diharapkan dapat menyerap informasi dengan baik dengan mengetahui gaya belajarnya, bergantung pada pembelajaran berlangsung sesuai gaya belajarnya.
  • Bagi guru : untuk pendidik, agar mereka dapat mengatur pembelajaran di kelas sesuai dengan gaya belajar yang disukai siswa.
    Setiap guru mata pelajaran harus memahami bahwa informasi sering datang dalam bentuk verbal dan visual, dan jika seseorang tidak menggunakan kedua keterampilan ini dengan baik, sebagian besar informasi akan hilang. Siswa akan merasa tidak nyaman jika guru menggunakan gaya belajar yang tidak disukai siswa. Oleh karena itu, tujuan pendidikan seharusnya membantu siswa meningkatkan kemampuan mereka baik dalam gaya belajar yang disukai maupun yang tidak disukai siswa.
  • Kesimpulan

Pemahaman terhadap gaya belajar siswa merupakan kunci untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Dengan mengenali preferensi belajar siswa---baik itu visual, auditori, kinestetik, atau kombinasi---pendidik dapat merancang strategi pembelajaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan individu. Psikologi pendidikan menyediakan kerangka untuk memahami perbedaan kognitif, emosional, dan sosial siswa, sehingga pengajaran dapat disesuaikan untuk memaksimalkan potensi mereka. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan hasil belajar tetapi juga mendukung motivasi, rasa percaya diri, dan kemandirian siswa dalam belajar. Dengan demikian, mengenal gaya belajar siswa adalah langkah penting menuju pendidikan yang inklusif dan berbasis individu.

Referensi

Aziz, Umar Bin Abd, Salami Mahmud, dan Dewi Fitriani. "PERBEDAAN INDIVIDU DAN GAYA BELAJAR PESERTA," t.t.

"GLS 6-Pentingnya Memahami Gaya Belajar," t.t.

"Jenis-Jenis Gaya Belajar. Mana Gaya Belajarmu? -- SMA NEGERI 1 PURWOKERTO." Diakses 9 Januari 2025. https://sman1purwokerto.sch.id/gaya-belajar/.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun