*Apakah strategi pemasaran jasa dan produk bisa disamakan? Jelaskan pendapat anda
Jawab :Â
Meskipun ada beberapa persamaan, seperti segmentasi pasar dan penetapan harga, strategi pemasaran jasa dan produk memiliki perbedaan signifikan dalam fokus dan pendekatannya. Pemasaran jasa lebih menekankan pada pengalaman pelanggan dan interaksi personal, sementara pemasaran produk lebih terfokus pada atribut fisik dan fungsionalitas.
*Bagaimna hubungan antara bauran pemasaran dengan strategi pemasaran perusahaan?
Jawab :Â
Bauran pemasaran, atau sering disebut sebagai "marketing mix," terdiri dari elemen-elemen seperti produk, harga, promosi, dan distribusi. Strategi pemasaran perusahaan mencakup rencana yang ditetapkan untuk mengatur bagaimana bauran pemasaran ini akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan. Dengan kata lain, bauran pemasaran merupakan komponen-komponen yang digunakan dalam strategi pemasaran perusahaan untuk mencapai sasaran dan tujuan bisnisnya.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI