Mohon tunggu...
Zee Hikmah
Zee Hikmah Mohon Tunggu... lainnya -

wanna be journalism also

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Pengaruh Program TV, Talented Show ‘Indonesian Idol’ Terhadap Pandangan Musik dan Pola Kepribadian Masyarakat Indonesia yang Berubah

3 September 2012   08:16 Diperbarui: 25 Juni 2015   00:58 1458
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
13466599871791517961

I.Latar Belakang Pada era teknologi informasi dan globalisasi seperti sekarang ini, televisi sudah menjadi media penyimpanan berbagai informasi dan hiburan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Melalui tayangan-tayangan yang disajikan, pemirsa akan secara langsung atau tidak langsung mendapat banyak pengetahuan, wawasan yang bertambah, serta sebagai hiburan sehari-hari. Sebagaimana yang kita ketahui, televisi merupakan alat media elektronik yang paling mudah dicerna oleh masyarakat dan rata-rata orang sudah mempunyai-nya di rumah. Sehingga berbagai kalangan masyarakat mulai dari anak-anak, tua, muda, kalangan atas, menengah ke bawah juga dapat menikmati tayangan televisi tersebut. Program-program televisi yang disajikan pun beragam, mulai dari ftv, korean drama, sinetron, movie, berita, talkshow, komedy, hingga acara musik. Kemudian, televisi juga akan membawa pengaruh lebih kuat terhadap pemirsa, dari pada media elektronik  lainnya. Pengaruh baik, maupun buruk itu tergantung persepsi pemirsa yang melihatnya. Sehingga jenis tayangan televisi juga harus ditampilkan di layar. Seperti kode-kode : BO (Bimbingan orang tua), R(remaja), SU(semua umur), DW(dewasa). Hal tersebut ditujukan agar masyarakat dapat memilah-milah mana  yang lebih tepat untuk disaksikan. Salah satu program yang bisa dinikmati semua umur namun harus tetap pada bimbingan orangtua adalah program pencarian bakat Indonesian Idol. Indonesina Idol yang sudah booming sejak kemunculannya di kalangan masyarakat Indonesia, akan semakin memicu kecintaan masyarakat terhadap musik dan pola hidup yang selalu baru. Sehubungan dengan zaman yang sudah maju teknologinya. Seperti handphone, laptop, komputer, radio, internnet dll. Maka musik akan selalu disisipkan di dalam  aplikasi teknologi tersebut untuk mendengarkan atau mendapat lagu. Contohnya blackberry, kita bisa bisa download lagu Indonesia Idol dari handpone. Jadi secara tidak sadar, kehidupan masyarakat zaman sekarang pasti akan selalu dikelilingi oleh musik yang mana kita akan selalu mendengarkan walau hanya satu atau dua kali. Maka jelas program TV, talented show Indonesian Idol ini membawa  pengaruh terhadap pandangan musik dan pola perilaku masyarakat Indonesia yang berubah. II.Kerangka Teoritis Teori-teori yang akan diambil adalah teori yang relevan dengan program TV ‘talented show ‘ Indonesian Ido’  yakni Komunikasi Massa, Efek komunikasi massa, Dimensi sosial. III.Kajian a)Komunikasi Massa Pembahasan dalam kajian teoritis ini, peneliti akan memfokuskan pada kajian “Pengaruh Program TV, ‘Talented Show’ Indonesian Idol  Terhadap Pandangan Musik dan Pola Kepribadian Masyarakat Indonesia yang Berubah .”  Sehubungan itu, pengertian komunikasi massa adalah pesan-pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang (Bittner, 1980). Batasan komunikasi yang disampaikan oleh Bittner yakni lebih menitik beratkan pada komponen-komponen komunikasi massa yang mencakup pesan-pesan, dan media massa (Seperti koran, majalah, tv, radio, dan film), serta khalayak. Sedangkan menurut  (Defleur dan Dennis McQuail, 1985) adalah suatu proses dalam mana komunikator-komunikator menggunakan media untuk menyebarluaskan pesan-pesan secara luas, dan secara terus menerus menciptakan makna-makna yang diharapkan dapat mempengaruhi khalayak-khalayak yang besar dan berbeda-beda dengan melalui berbagai cara. Pada pengertian yang sudah tertulis di atas kita dapat memahami bahwa komunikasi massa seperti program TV, talented show seperti Indonesian Idol di televisi adalah  juga termasuk bentuk komunikasi massa. Karena akan secara otomatis program talented show ini, tidak hanya akan ditonton oleh audience yang berada di studio saja, tetapi juga akan disaksikan oleh khalayak di depan layar televisi di dunia. Program tv Indonesia Idol secara tidak langsung akan menyampaikan banyak pesan. Meskipun pesan tidak tersampaikan secara gamblang tetapi juga tersirat. Namun masyarakat akan secara tidak sadar cenderung mendapat pesan-pesan dari persepsi mereka setelah menonton. Sehingga kemungkinan besar jelas akan membawa pengaruh pada masyarakat. Contohnya semua kalangan masyarakat akan mulai menyukai musik. Terutama musik modern yang disajikan oleh Indonesian Idol. Efek komunikasi yang diberikan, terutama media massa menujukkan kekuatan media yang perkasa untuk mengarahkan dan membentuk perilaku khalayak. b)Efek Kehadiran Media Massa Media massa adalah faktor lingkungan yang mengubah perilaku khalayak melalui proses kelaziman klasik, pelaziman operan, atau proses imitasi (belajar sosial). Media massa adalah media komunikasi yang mampu menimbulkan keserempakan, dalam arti kata khalayak dalam jumlah yang relatif sangat banyak secara bersam-sama pada saat yang sama memperhatikan pesan yang dikomunikasikan melalui media tersebut; misalnya surat kabar, radio siaran, televisi siaran, film teatrikal yang ditayangkan di gedung bioskop (Effendy, 1989;217). Pengertian di atas, bisa disimpulkan pada program TV ’talented show’ Indonesian Idol yang merupakan bagian dari media massa akan secara otomatis menimbulkan keserempakan masyarakat  untuk ikut kedalamnya. Histeria yang timbul oleh masyarakat disebabkan adanya pengaruh efek kehadiran media massa program TV ini yang selalu ditayangkan secara berulang-ulang. Terlebih lagi situasi bangsa indonesia yang sudah masuk ke dalam zaman modern dimana cenderung masyarakat akan mudah menerima sesuatu hal yang baru yang disajikan melalui tayangan. Efek kehadiran media masa melalui program TV talented show Indonesia Idol  menggerakkan kepribadian dan pandangan masyarakat terhadap musik itu sendiri. Karena program ini sendiri seakan-akan memberi pengaruh pada massa bahwa “inilah musik tren terbaru saat ini”, “inilah teknik bernyanyi yang paling bagus”, “penyanyi yang paling bagus, ya dari Indonesian Idol” atau “cara bernyanyi yang bagus, ya yang sama seperti Indonesian Idol”. Media massa program musik ‘talented show’  Indonesia Idol yang dikemas dengan sedemikian rupa untuk menarik keinginan masyarakat dan merubah pandangan masyarakat terhadap musik Indonesia yang bagus di zaman sekarang. Seperti halnya ketika acara ‘talented show’ ini ditayangkan, maka pemirsa tv mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa banyak yang  akan selalu meramaikan  di depan tv. Meskipun banyak dari masyarakat tersebut adalah bukan anggota keluarga dari penyanyi yang ditayangkan. Namun pandangan masyarakat tentang favorit musik Indonesia telah berubah. Berbeda dengan program musik traditional yang ditayangkan oleh salah satu televisi, dimana rating acara tersebut lebih rendah dari pada progam musik talented show Indonesian Idol.). c)Dimensi Sosial Kata Sosial dalam kamus besar bahasa Indonesia (1989) berarti berkenaan dengan masyarakat. Secara Objektif manusia merupakan mahluk individu dan sekaligus mahluk sosial. Dalam dimensi sosial, ilmu komunikasi terutama yang dilakukan oleh program tv lagu dan musik juga berhubungan erat dengan etika . Makna etika dipakai dalam dua arti: (1) etika merupakan sutu kumpulan pengetahuan tentang penilaian terhadap perbuatan manusia. (2) etika merupakan suatu predikat yang dipakai guna membedakan perbuatan-perbuatan, hal-hal atau manusia yang lain (Bakhtiar, 2004: 165). Sehubungan dengan teori yang sudah dipaparkan di atas, ilmu komunikasi mempunyai pengaruh besar dalam tiap lini kehidupan manusia. Ilmu komunikasi dilihat dari dimensi sosial memiliki sumbangan dalam pembangunan yang patut diperhitungkan, sebab dampak yang diakibatkan ilmu komunikasi berhubungan dengan perubahan sikap dan perilaku manusia. Hal ini mencakup ilmu komunikasi oleh media massa, program tv ‘Talented Show’ Indonesian Idol. Dimana tayangan yang dihadirkan juga pasti akan menarik minat masyarakat untuk secara tidak sadar merubah pola tingkah laku mereka. Program ‘Talented Show’ Indonesian Idol, yang selalu terlihat bagus dalam penampilannya, misal berupa lantunan lagu yang sudah diaransemen dan dibawakan oleh para penyanyi yang notabene sudah diseleksi dari ribuan peserta sebelumnya. Peserta Indonesia Idol juga terlihat sudah banyak berlatih sebelumnya untuk membawakan lagu tersebut. Ditambah lagi gaya berpakaian dan model lagu yang cenderung mengarah ke arah masyarakat barat juga mendominasi acara ini. Sehingga dari apa yang disuguhkan pada tayangan tersebut, seolah-olah program ini sudah menunjukkan kehebatannya dalam menampilkan sesuatu yang baru untuk pemirsa di rumah dan antusiasme masyarakat pun bertambah untuk mendengarkan dan melihat sesuatu hal yang baru tersebut. Pergeseran pandangan mayoritas bangsa Indonesia tentang musik yang bagus dan teknik bernyanyi yang bagus adalah seperti tayangan Indonesian Idol ini mempengaruhi keinginan masyarakat terhadap musik, terutama musik modern. Selain itu pergeseran pandangan ini lah yang menyebabkan pola tingkah laku masyarakat Indonesia cenderung meniru-niru gaya berpakaian, cara bernyanyi, pola kebiasaan sehari-hari berubah. Contohnya masyarakat yang biasanya jam 21.00 keatas adalah jam tidur, namun berbeda ketika menyaksikan Indonesian Idol, masyarakat akan meluangkan waktu untuk menyaksikannya sampai jam 24.00 ke atas. Belum lagi perubahan sikap perilaku masyarakat ketika suka dengan acara lagu dan musik tersebut, maka dikala waktu senggang, ia akan mendownload video live steaming program talented show tersebut dari internet. Tidak hanya itu, tayangan tersebut membuat sebagian masyarakat mengikuti apa yang dilakukan oleh para pesertanya. Lihat saja para anak-anak jaman sekarang banyak yang menyukai lagu-lagu orang dewasa, para remaja kalangan atas  yang berlomba-lomba untuk menjadi konsumtif membeli pakaian yang sama seperti dikenakan oleh para penyanyinya. Maka pandangan masyarakat terhadap acara musik tersebut lebih dikagumi dari pada diskusi panel yang diadakan di televisi juga. IV.Kesimpulan [caption id="attachment_203669" align="aligncenter" width="480" caption="Pengaruh Program TV, Talented Show â��Indonesian Idolâ�� Terhadap Pandangan Musik dan Pola Kepribadian Masyarakat Indonesia yang Berubah "][/caption] Program TV, ajang Talented Show ‘Indonesian Idol’ ini, sejak kemunculannya di zaman era globalisasi seperti ini memberikan pengaruh perubahan terhadap sebagian besar pandangan musik dan pola kepribadian masyarakat Indonesia. Dimana dahulu masyarakat banyak menyukai musik tradisional, namun sekarang lebih suka dengan musik modern seperti yang ditampilkan di progam TV ini.   Begitu juga dengan perubahan perilaku yang dilakukan. Seperti jam tidur malam yang berubah karena harus menyaksikan tayangan Indonesian Idol sampai larut malam, perilaku konsumtif remaja, berubahnya favorite lagu anak-anak, meluangkan waktu untuk mendownload video live streaming dari pada buku pelajaran dll. Akibat pergeseran pandangan inilah yang membuat berubahnya perilaku masyarakat bangsa Indonesia. V.Daftar Pustaka Anonym. Cultural Studies. Wikipedia.org Anonym. Communication Studies. Wikipedia.org Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Riswandi. 2009.  Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu Zamroni, Mohammad. Filsafat Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun