Perorangan atau usaha kecil menengah bergerak dalam UMKM yang merupakan usaha ekonomi produktif.
Kini, Go Digital menjadi hal yang penting bagi UMKM untuk bersaing dengan kompetitornya.
Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, peran UMKM sendiri sangat penting dalam perkembangan perekonomian Indonesia.
Saat ini, terdapat 65,4 juta UMKM di Indonesia, yang  mempekerjakan 114,7 juta orang, atau sekitar 56% dari angkatan kerja  Indonesia.
Selain itu, UMKM menyumbang lebih dari 60% Â PDB negara.
Mengapa digitalisasi penting bagi  UMKM
Digitalisasi UMKM menawarkan banyak peluang bagi mereka untuk menguasai pasar dalam negeri.
Pertama, digitalisasi membantu UMKM menjadi lebih efisien dan produktif.
Dengan menerapkan teknologi digital seperti marketplace, dompet digital (Ovo, Gopay, dll) dan aplikasi digital lainnya, UMKM dapat menyederhanakan proses dan menghemat waktu serta sumber daya/biaya yang diperlukan untuk tugas-tugas manual.
Digitalisasi membantu UMKM mengakses pasar dan pelanggan baru, menjadikannya lebih kompetitif dengan perusahaan besar.
Dari sini, UMKM akan mampu menawarkan layanan dan produk yang setara dengan pesaing mereka yang lebih besar, didukung oleh alat dan teknologi digital yang mereka gunakan.