Berdasarkan hasil pengumpulan dan pengolahan data diketahui bahwa kemampuan berpikir kreatif matematik siswa antara yang pembelajarannya menggunakan metode mind planing lebih baik daripada cara biasa. Hasil ini memberikan gambaran bahwa metode pembelajaran yang diterpkan cukup berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik siswa. Hal ini disebabkan pembelajaran yang menggunakan metode mind planing menuntut siswa untuk menghasilkan banyak gagasan mengenai suatu konsep yang diberikan oleh guru yang dituangkan dalam sebuah mind map, melatih siswa memiliki kemampuan orisinil karena siswa diberikan kebebasan untuk menuangkan semua ide-idenya mengenai sebuah konsep secara kreatif dalam mind map, serta pengembangan dari setiap gagasan-gagasan menumbuhkan kemampuan elaborasi yang membangun sesuatu dari ide-ide lainnya. Setelah itu siswa menyajikan bentuk mind map yang unik dan penuh dengan warna itu di depan kelas untuk melatih siswa memahami mind map yang dibuat dia sendiri dan berlatih untuk mengungkapkan gagasan-gasannya secara lancar.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H