Mohon tunggu...
Zhafirah Amalia
Zhafirah Amalia Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

Halo teman! Saya memiliki hobi menulis. Melalui tulisan-tulisan saya, saya berharap dapat berbagi informasi bermanfaat dan inspirasi kepada pembaca. Mari bersama-sama menjelajahi dunia pengetahuan dan terus belajar hal-hal baru setiap harinya!

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Mengoptimalkan SEO untuk Tiktok: Cara Meningkatkan Visibilitas Konten

31 Agustus 2024   07:19 Diperbarui: 31 Agustus 2024   08:15 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Untuk meningkatkan visibilitas Anda di TikTok, kreator perlu fokus pada optimasi mesin pencari, atau SEO. TikTok tidak diragukan lagi merupakan salah satu aplikasi media sosial yang paling membuat ketagihan, dengan pengguna yang masuk selama lebih dari 1,5 jam per hari. Masuk akal jika 167 juta video ditonton daring setiap menit oleh satu miliar pengguna aktif setiap bulan. Anda perlu diyakinkan oleh angka-angka ini saja tentang pentingnya promosi merek TikTok. Namun, tidak selalu mudah untuk dilihat di platform tersebut. Di sinilah SEO TikTok berperan.

Apa itu SEO TikTok?
Optimasi mesin pencari melampaui ranah Google. YouTube, Reddit, Instagram, Pinterest, dan jaringan lainnya dapat berfungsi sebagai mesin pencari juga. Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas SEO TikTok telah melonjak.

Lonjakan optimasi mesin pencari (SEO) TikTok sebagian besar dapat dikaitkan dengan preferensi pengguna internet yang lebih muda yang semakin mengandalkan TikTok daripada Google untuk informasi dan penjelajahan. TikTok telah berubah dari platform yang terutama dikaitkan dengan tantangan tari viral dan suara yang sedang tren menjadi mesin pencari komprehensif yang mencakup berbagai topik, termasuk ide pakaian, resep, kiat wawancara kerja, dan panduan keuangan pribadi.

Kemungkinan besar Anda sudah mengetahui bahwa TikTok adalah jaringan media sosial yang disukai oleh Generasi Z, dan bahkan Google mengakui fakta ini. Studi internal Google mengungkapkan bahwa lebih dari 40% individu muda di Amerika Serikat, berusia 18-24 tahun, lebih suka berkonsultasi dengan TikTok daripada Google Maps atau Search saat mencari tujuan makan siang.

Selama acara industri tahun 2022, Prabhakar Raghavan, wakil presiden senior Google, menyatakan bahwa individu yang lebih muda cenderung tertarik pada "metode pencarian dan penemuan yang menawarkan lebih banyak elemen visual." TikTok telah berkembang menjadi platform serbaguna yang menawarkan banyak informasi tentang berbagai subjek, termasuk rekomendasi untuk pilihan bersantap, tren, resep, hiburan, barang, dan beberapa topik lainnya. 

Pelanggan yang lebih muda di masyarakat yang didominasi media sosial saat ini menunjukkan ketidaksabaran yang meningkat terhadap Google dan mesin pencari sejenis lainnya. Ada permintaan yang kuat untuk konten video berdurasi pendek karena menyediakan solusi cepat untuk pertanyaan pelanggan. Selain itu, sejumlah besar individu yang termasuk Generasi Z menaruh kepercayaan mereka pada peringkat dan rekomendasi TikTok karena asal langsungnya dari produsen itu sendiri. Tingkat kepercayaan pada sumber merupakan ukuran penting keberhasilan dan pertumbuhan TikTok sebagai alat pencarian.

Mengapa Anda Harus Peduli dengan SEO di TikTok?
Menarik sekelompok orang yang spesifik dan terfokus
TikTok, yang sebagian besar merupakan platform video, telah menerapkan berbagai peningkatan untuk memungkinkan penjelasan yang lebih panjang. Pada akhir tahun 2022, platform tersebut memperluas jumlah karakter maksimum yang diizinkan dalam deskripsi dari sekitar 300 menjadi 2.200. Meskipun tidak perlu menggunakan semua 2.000+ karakter untuk menggambarkan film Anda (yang kemungkinan besar tidak diperhatikan oleh pengunjung TikTok), kini Anda memiliki fleksibilitas yang lebih besar untuk menyempurnakan deskripsi Anda menggunakan kata kunci.

Tingkatkan Tingkat Interaksi Anda
Dengan memanfaatkan SEO TikTok untuk menarik audiens yang sangat spesifik, Anda meningkatkan kemungkinan pemirsa terlibat secara aktif dengan konten Anda. Jika mereka yang menemukan materi Anda menganggapnya menarik dan relevan, ada kemungkinan besar mereka akan ingin berinteraksi dengannya dengan cara tertentu. Pengguna dapat melakukannya dengan terlibat dengan video Anda melalui tindakan seperti menyukai, mengomentari, atau membagikannya dengan teman-teman mereka.

Optimalkan Jangkauan Anda
Meningkatkan interaksi dengan audiens yang ditargetkan juga dapat memperkuat visibilitas konten Anda di antara orang lain yang memiliki minat yang sama. Jika video Anda memiliki keterlibatan yang substansial, kemungkinan besar video tersebut akan disertakan pada halaman Untuk Anda milik individu yang telah menunjukkan minat pada materi yang serupa.
Ini berarti Anda memiliki kemampuan untuk menargetkan audiens yang sangat tepat, bahkan jika individu tersebut tidak secara aktif mencari istilah spesifik yang Anda gunakan. Sederhananya, SEO TikTok memungkinkan Anda untuk lebih metodis dalam memperluas audiens, daripada hanya mengandalkan peluang.

12 tips SEO TikTok untuk mengoptimalkan video Anda
Tujuan dari SEO TikTok adalah membuat konten Anda senyaman mungkin bagi mesin pencari sehingga muncul pertama kali di hasil pencarian aplikasi. Anda dapat menjangkau lebih banyak konsumen yang tertarik berinteraksi dengan konten Anda dengan menerapkan rencana SEO TikTok. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun