Mohon tunggu...
Masim Vavai Sugianto
Masim Vavai Sugianto Mohon Tunggu... Wiraswasta - IT Consultant

Traveler, Seasonal Farmer, Open Source Enthusiast and Book Lover. Works as an Independent Worker and Self-Employer. https://linktr.ee/zezezahra

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Menanam Ubi Jalar di Dalam Pot atau Planter Bag

28 Desember 2022   19:38 Diperbarui: 28 Desember 2022   19:49 3058
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beberapa waktu yang lalu saya iseng menanam ubi di dalam pot. Awalnya pot itu digunakan untuk membuang sampah sisa makanan. Agar sampahnya tidak bau, saya mengisi pot dengan sekam bakar, kemudian membuang sampah sisa makanan dan kemudian menutupnya dengan sekam bakar lagi. Dilakukan berulang hingga potnya penuh.

Setelah pot penuh, saya berpikir apa yang bisa saya lakukan untuk memanfaatkannya, agar proses penguraian sisa makanan juga bisa berlangsung alamiah. Karena saya menanam ubi di salah satu kotak kebun, akhirnya saya memangkas pucuk ubi dan kemudian menanamnya didalam pot.

Lama berselang saya tidak memperhatikan tanaman itu, ternyata pucuk yang saya tanam tumbuh dan kemudian menjalar kemana-mana. Saya tidak menyiramnya namun pohon ubi itu tumbuh subur kadang mendapat air hujan atau embun.

Setelah beberapa lama, saya mengecek tanaman ubi itu. Ternyata ubinya cukup besar untuk ukuran tanaman didalam pot.

Karena terbukti bisa menghasilkan ubi meski ditanamnya didalam pot, akhirnya saya mencoba menanam lagi dengan jumlah pot yang lebih banyak. Saya menderetkan tanaman ubi didalam pot itu di tepian kolam ikan. Polanya sama, saya siram hanya saat pertama kali ditanam saja. 

Setelahnya dibiarkan hingga kemudian tumbuh subur. Setelah dua sampai tiga bulan, saya mengecek dan memanennya. Hasilnya, ubi yang dipanen berukuran cukup besar dan proses panennya sendiri tidak terlalu sulit karena bisa langsung membalikkan pot dan membersihkan tanah dari rumpun tanaman ubinya. Prosesnya sempat saya rekan dalam video berikut ini :


Menanam ubi didalam pot atau planter bag memiliki berbagai keuntungan, antara lain :

  • Cocok untuk diterapkan di lingkungan perkotaan yang memiliki kendala keterbatasan lahan. Cocok juga untuk dilakukan di perumahan yang lahannya sempit atau di tanam di halaman atau atap rumah yang sudah dibeton
  • Tidak membutuhkan perawatan setiap harinya. Cukup disiram saat awal tanam dan saat media tanamnya terlalu kering. Saat musim hujan seperti sekarang tidak perlu menyiraminya sama sekali
  • Mudah dipanen, tidak perlu menggali tanah karena bisa langsung membalikkan pot atau planter bag
  • Selain ubi, daunnya juga bisa digunakan sebagai bahan masakan
  • Bisa mendapatkan udara segar dari daun ubi yang tumbuh subur
  • Biaya persiapan dan penanamannya relatif rendah. Untuk satu pot atau planter bag, biayanya tidak sampai 50 ribu rupiah
  • Media tanam ubi bisa menggunakan sampah sisa makanan dan bahan organik yang sudah dijadikan kompos, sehingga bisa turut membantu mengurangi sampah yang terbuang

Jadi bagaimana? Tertarik untuk menanam ubi didalam pot atau planter bag dan berkontribusi bagi kelestarian lingkungan?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun