Mohon tunggu...
Yovita Rahma Nur Zellanti
Yovita Rahma Nur Zellanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hobi traveling

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Non-Reguler UNTAG Mengajak Masyarakat Desa Kalipecabean Mengenal Pemasaran UMKM Melalui Digital Marketing

4 Juni 2023   13:15 Diperbarui: 4 Juni 2023   13:18 130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembukaan KKN UNTAG SURABAYA di Kecamatan Candi/Dokpri

Sidoarjo, 28 Mei 202. Yovita Rahma Nur Zellanti merupakan salah satu mahasiswa dari Program Studi Administrasi Negara Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kalipecabean, Candi, Sidoarjo. Kegiatan KKN dilakukan dengan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Moh. Nor Ali Aziz, ST., MT.

Yovita Rahma Nur Zellanti menyelenggarakan program kegiatan Sosialisasi Digital Marketing guna untuk mendorong pengembangan UMKM yang ada di Desa Kalipecabean, Candi, Sidoarjo. Pelaku UMKM di Desa Kalipecabean Candi Sidoarjo masih banyak pelaku usaha yang belum mengenal dan cara penggunaannya mengenai digital marketing khususnya marketplace. Maka, dengan dilaksanakan suatu kegiatan yang dapat membantu permasalahan tersebut diadakan Sosialisasi Pemanfaatan Digital Marketing guna meningkatkan perekonomian di Desa Kalipecabean Candi Sidoarjo.

Sosialisasi Digital Marketing di Balai Desa Kalipecabean Candi Sidoarjo/Dokpri
Sosialisasi Digital Marketing di Balai Desa Kalipecabean Candi Sidoarjo/Dokpri

Perkembangan teknologi informasi berkembang dengan pesat. Pelaku UMKM harus mampu bersaing di pasar internasional agar tidak tergerus teknologi. Apalagi di era persaingan ini, pelaku UMKM harus melek teknologi informasi (TI) agar dapat memudahkan memasarkan produk tidak hanya terbatas di area lokal saja, bisa lebih luas bahkan hingga nasional maupun internasional. Dalam era digital saat ini, pelaku UMKM akan membutuhkan teknologi informasi yang tepat untuk bisa tumbuh berkembang dan bersaing di era digital saat ini.

Materi yang diberikan kepada pelaku UMKM disampaikan seringkas-ringkasnya sehingga UMKM dapat dengan mudah mengerti dan memahami serta mampu mengaplikasikan secara langsung dengan apa yang telah di ajarkan. Materi yang diberikan kepada pelaku UMKM setempat yaitu mengenai pemanfaatan media sosial dan e-commerce sebagai media pemasaran serta peluang pemasaran, pembuatan logo dan desain menarik, pembuatan foto dan konten yang menarik untuk di posting di media sosial maupun e-commerce agar dapat menarik konsumen.

Sosisalisasi Pendampingan Digital Marketing yang dilaksanakan mendapatkan respon positif dari pelaku UMKM.  "Saya merasa sangat terbantu dengan sosialisai yang dijelaskan. Programnya telah menambah wawasan serta membantu mempermudah pemasaran produk yang saya miliki. Penjelasannya sangat jelas dan mudah dipahami tidak hanya teori saja tetapi diajarkan secara langsung sehingga dapat dengan mudah belajar mengenai pemanfaatan digital marketing." ujar Bu Rifa'i selaku pemilik UMKM.

Dokpri
Dokpri

#KitaUntagSurabaya

#UntukIndonesia

#UntagSurabayaKeren

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun