Mohon tunggu...
Bhaot Sudanco
Bhaot Sudanco Mohon Tunggu... Seniman - | Musisi | Konten Kreator

Dokumentasi adalah Seni Visualisasi Diri dalam berEkspresi Based in Malang Jawa Timur.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Musisi Pemula Bisa Menjadi Artis

15 Juli 2023   13:38 Diperbarui: 15 Juli 2023   22:58 253
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hai Hai Sahabat Kompas, kali ini aku akan membagikan sedikit pengalamanku dibidang Seni Musik, melalui pemanfaatan tekonologi digital yang semakin canggih dan modern.

ceritanya dimulai di Tahun 2020, kala itu disaat Pandemi melanda, kerja banyak WFH nya, disitu aku mulai berpikir keras, kegiatan apa yang akan aku lakukan agar setiap harinya tidak bosan dan jenuh dirumah, saat itu aku mulai mencoba menulis lagu (sebelumnya memang aku anak band dari Tahun 2005) aku mulai menulis lagu di Tahun 2020, menemukan Nada, dan untuk instrument musiknya pada waktu itu sampai sekarang aku menggunakan Kemajuan Tekonologi, yaitu menggunakan Software atau aplikasi Musik yang sudah umum,seperti FL Studio untuk Aransemen Musiknya, serta Adobe Audition untuk Mixing & Masteringnya.

setelah Lagu pertama yang aku Ciptakan Judulnya Berteman Sepi
(bisa kalian dengar di Platform Digital Favorit Kalian), pertanyaanya dalam Cerita ini aku secara pribadi hanya orang biasa yang suka musik dan aku tuangkan ekspresi diriku dalam Sebuah lagu.

kenapa kok bisa jadi Artis Spotify ?
dalam hal ini yang aku maksud Artis Musik
orang biasa yang suka musik atau Musisi Pemula yang mempunyai karya, sekarang bisa mempromosikan lagu lagu mereka melalu Agregator manapun tanpa mempunyai management terlebih dahulu, atau mendaftarkan karya mereka sendiri secara pribadi, ada yang gratis ada juga yang berbayar, dengan kemajuan teknologi dan melesatnya informasi di media sosial, kemudahan secara administrasi untuk memasukan atau mendaftarkan karya kamu di Agregator sangatlah mudah.

memang dulu pola pikir saya ketika saya punya lagu atau karya harus pergi ke Jakarta daftarin lagu ke Label itupun kemungkinan ditolaknya banyak, tapi berkat kemajuan Tekonologi dan Digital, hal itu perlahan mulai menghilang,
untuk kamu musisi pemula yang mempunyai karya tidak perlu bingung untuk mempromosikan karya kamu, cukup record karya kamu dengan baik dan coba daftarkan ke agregator secara pribadi, kamu sudah melabeli karya kamu sendiri. dan Kamu akan mendapatkan royalti dari karya kamu sendiri sesuai perjanjian yang diterapkan oleh Agregator.

 Contoh Agregator Gratis silahkan klik !

sekian dariku Salam Hangat Sahabat Kompas,
semoga anak muda Indonesia bisa berkembang dan kreatif secara mandiri dengan memanfaatkan tekonologi digital saat ini .

Bhaot Sudanco.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun