Minggu (30/07/2023), Â Strategi pemasaran merupakan salah satu aspek penting yang menunjang dan berpengaruh terhadap profit yang didapatkan oleh penjual atau pelaku UMKM. Kegiatan ini juga sekaligus mendukung poin 8 SDGs, yaitu peningkatan ekonomi melalui pemberian pelatihan strategi pemasaran yang baik menurut psikologi. Sebelum memutuskan membeli sebuah produk, ada aspek-aspek psikologi yang tanpa disadari ikut berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Â Berdasarkan pendataan, di Desa Kejambon sendiri terdapat beberapa UMKM yang masih belum begitu dikembangkan dan lingkup pemasaran yang masih kecil. Dalam data awal juga didapatkan pelaku UMKM yang mengaku masih belum mengetahui strategi pemasaran yang tepat dan meluas yang bisa digunakan.
 Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tim II Undip yang berasal dari Fakultas Psikologi, Zaroul Firdaus, mencoba mengembangkan UMKM yang ada dengan memberikan psikoedukasi pelatihan mengenai strategi pemasaran dengan menggunakan prinsip-prinsip psikologi. Kegiatan ini dilaksanakan di GOR Maesojati, Desa Kejambon. Tujuan dari diadakannya program ini adalah untuk mengenalkan dan membekali pelaku UMKM dengan strategi pemasaran serta bagaimana cara mengaplikasikannya dalam bisnis mereka. Adapun kegiatan dilakukan melalui penyampaian materi, diskusi interaktif, dan pengisian  analisis SWOT oleh para pelaku UMKM untuk mengetahui strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi masing-masing UMKM. Harapan kedepannya setelah adanya kegiatan ini adalah pelaku UMKM mampu mengimplementasikan strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi mereka sehingga membantu meningkatkan profit yang didapatkan.Â
Penulis : Zaroul Firdaus
Dosen Pembimbing Lapangan :Â
Dr. Ars. Ir. Wijayanti, M.Eng.
Dr.Dra. Susiana Purwantisari M.Si.
 Drs. Dul Muid, M.Si, Akt
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H