Public Relations merupakan salah satu bagian penting dalam suatu organisasi maupun perusahaan. Public Relations merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara terstruktur dan terencana untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara perusahaan atau organisasi dengan masyarakat melalui komunikasi timbal balik, saling percaya, hubungan yang harmonis, dan meningkatkan citra positif (Azizah & Imran, 2019).Â
Dalam artian lain, Public Relations merupakan seni membuat perusahaan lebih dihargai dan dihormati baik oleh karyawan maupun konsumen (Bautista & Dwiantari, 2023). Maka PR berusaha agar Perusahaan lebih disukai oleh karyawan dan kosumen agar terhindarnya opini -- opini negatif tentang Perusahaan tersebut.Â
PR juga bisa dikatakan sebagai wajah company karena mereka memiliki peran dalam perusahaan. Peran merupakan bagian dari perencanaan atau strategi, jadi diharapkan seorang PR mampu memiliki strategi yang tepat dan baik untuk diterapkan dalam suatu instansi atau suatu perusahaan (Sari, 2020). PR melibatkan diri atau dilibatkan dalam setiap managemen (Sila, 2020).Â
Selain itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang PR yaitu, memiliki komunikasi yang baik, selalu melakukan hal -- hal yang positif, dan memiliki hubungan yang baik dengan media demi menjaga citra perusahaan. Citra adalah kesan awal yang diciptakan oleh seseorang atau kelompok, merupakan citra publik suatu perusahaan yang dibuat dengan sengaja (Sulistiyo & Angelia, 2023). Sehingga bisa disimpulkan bahwa citra dapat meningkatkan loyalitas konsumen.Â
Hal itu menunjukan bahwa Perusahaan harus memiliki citra yang positif agar menjadi pertimbangan bagi seorang konsumen. Setiap perusahaan memiliki citra sebanyak sejumlah orang yang memandangnya (Rahadhini, 2010). Perusahaan juga harus memiliki kredibilitas. Kredibilitas perusahaan (corporate credibility) dianggap sebagai bagian penting dari keberhasilan periklanan suatu perusahaan, berdampingan dengan kredibilitas endorser (Fombrun & Zajac, 1987).Â
Dalam konteks ini, kepercayaan perusahaan adalah tingkat kepercayaan seseorang terhadap keahlian suatu perusahaaan. Dalam menjaga reputasi perusahaan diperlukan beberapa strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Strategi Public Relations perusahaan melibatkan pembangunan citra perusahaan yang dipercaya masyarakat. (Sartika & Rachmat, 2023). Maka Perusahaan dapat menjadikan program corporate social responsibility (CSR) sebagai strategi untuk membentuk dan menjaga citra positif Perusahaan (Yunus & Riatno, 2019).Â
Ketika diungkapkan CSR berarti membicarakan juga PR sebuah organisasi, di mana CSR merupakan bagian dari community relations. Karena CSR pada hakikatnya merupakan kegiatan PR maka langkah-langkah dalam PR pun mewarnai langkah-langkah CSR (Larisu et al., 2020).
Seorang Public Relations juga perlu memiliki prinsip yaitu harus bersikap terbuka, memiliki rasa empati, melakukan tindakan yang nyata, dan bersifat konsisten. Empati yaitu kemampuan menempatkan diri seperti yang dialami pada keadaan orang lain atau mengalami pandangan, harapan atau emosi orang lain dalam dirinya, dan bisa dikatakan pula sebagai resonansi emosi. (Zulvianti, 2012).
Selain itu, perilaku khalayak dapat mengubah sikapnya terhadap suatu perusahaan atau organisasi, mereka harus mempertimbangkan keakuratan pesan yang disampaikan tentang suatu organisasi dengan mencermati berbagai aktivitasnya (Hasna & Irwansyah, 2019). Oleh karena itu Public Relations ini perlu membangun citra dan reputasi yang baik kepada khalayak. Karena sifat khalayak mampu mempengaruhi suatu perusahaan.Â
Untuk membangun reputasi yang baik, media sosial merupakan salah salah satu penunjang yang dapat digunakan oleh PR. Media sosial juga telah digunakan di berbagai sektor industri untuk tujuan promosi serta untuk meningkatkan keterlibatan organisasi dengan audiensnya. Oleh karena itu, organisasi harus mampu beradaptasi terhadap perubahan tersebut (Girsang, 2020). Peran Public Relations didalam media sosial sangat esensial bagi suatu Perusahaan. Media Sosial memfasilitasi terjadinya pemberian respon yang cepat baik dalam penyebaran informasi dari perusahaan maupun respon yang didapat dari publik (Pienrasmi, 2015). Dari sini kita dapat melihat bahwa public relation merupakan peran penting dalam sebuah Perusahaan (Hia et al., 2020).Â
Daftar Pustaka