Social Emotional Learning (SEL) adalah pendekatan pendidikan yang berfokus pada pengembangan keterampilan sosial dan emosional siswa untuk membantu mereka mengelola emosi, membangun hubungan positif, dan membuat keputusan yang bertanggung jawab. SEL bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan mental, prestasi akademik, dan interaksi sosial siswa.
Lima Kompetensi Utama dalam SEL (Menurut CASEL)
SEL sering dikaitkan dengan CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning), organisasi yang menjadi pionir dalam mengembangkan model pembelajaran sosial-emosional. CASEL mengidentifikasi lima kompetensi utama dalam SEL:
1. Kesadaran Diri (Self-Awareness)
Memahami emosi sendiri, nilai-nilai, dan kekuatan pribadi.
Membangun rasa percaya diri dan kesadaran diri yang sehat.
2. Pengelolaan Diri (Self-Management)
Mengendalikan emosi, mengelola stres, dan memotivasi diri sendiri.
Menetapkan dan mencapai tujuan yang positif.
3. Kesadaran Sosial (Social Awareness)
Memahami perspektif dan perasaan orang lain.