Mohon tunggu...
Zalfa Alifah Khansa
Zalfa Alifah Khansa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Aktif Jurusan Komunikasi di UNSIA

Tertarik dengan topik seputar Digital Marketing, Ilmu Komunikasi, serta Entertaiment.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

2023 Nge-Digital Lebih Kece!

2 Agustus 2023   15:25 Diperbarui: 2 Agustus 2023   15:29 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Digital Marketing di Era 4.0

Eh, udah pada tahu kan, sekarang lagi jamannya era 4.0? Nah, ternyata nggak cuma teknologi aja yang maju, tapi dunia pemasaran juga ikutan maknyus! Jadi, jangan sampe ketinggalan nih buat nge-Digital Marketing di era yang kece ini. Yuk, kita bahas bareng-bareng, tapi gak pake bahasa baku, biar makin paham!

Jadi, Digital Marketing itu kayak promosi, iklan, dan segala macem pemasaran tapi lewat dunia maya, tuh. Makin kesini, orang-orang makin suka internetan, sosmed-an, dan semuanya digital-digital gitu. Makanya, bisnis juga harus nyusul tren kekinian ini.

Contohnya, bayangin kamu punya toko baju online. Buat naikin omset, kamu mesti pake teknik-teknik Digital Marketing yang kece. Pertama, nih, kita bahas soal Social Media Marketing (SMM). Nah, SMM ini tuh kaya pasang spanduk di dunia maya, tapi bukan spanduk beneran, ya. Misalnya, kamu bikin postingan di Instagram atau Facebook tentang diskon besar-besaran atau kumpulan baju terbaru yang lagi hits. Nah, nanti follower kamu yang liat, terus suka, komen, atau malah share ke temen-temennya. Asyik, kan?

Selanjutnya, ada juga Search Engine Optimization (SEO). Jadi, gini, kalau orang mau beli baju online, biasanya dia langsung ke search engine kayak Google. Nah, supaya toko baju online kamu muncul di halaman pertama hasil pencarian, kamu mesti pake SEO. Jangan sampe tersembunyi di halaman belakang, nanti gak ada yang liat.

Oh iya, jangan lupa sama Content Marketing juga. Nah, ini seru banget, lho! Kamu bisa bikin konten-konten menarik, kayak blogpost atau video, yang berkaitan sama fashion atau baju-baju kekinian. Kan, tujuannya biar orang-orang tertarik dan pengen banget belanja di toko online kamu. Jadinya, nggak cuman jualan, tapi juga bisa ngasih manfaat buat orang.

Eh, ada satu lagi, loh! Influencer Marketing. Kamu pasti sering liat selebgram atau youtuber yang suka promosiin produk-produk di akun sosmednya, kan? Nah, itu namanya influencer. Kalo kamu kerja sama sama mereka, bisa banget nih ningkatin jualan kamu. Misalnya, kamu kasih mereka baju gratis, terus mereka foto pake baju kamu, pasti followers mereka ikutan kepo dan mau beli juga tuh.

Pokoknya, Digital Marketing di era 4.0 ini gak boleh dipandang sebelah mata, ya. Kalo kamu mau bisnis kamu maju dan kece, harus ikutan gerak cepat di dunia maya. Jadi, selain promosi di dunia nyata, jangan lupa juga untuk promosi di dunia maya supaya bisnis kamu makin hits! Semoga sukses, yah!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun