Mohon tunggu...
zaldy chan
zaldy chan Mohon Tunggu... Administrasi - ASN (Apapun Sing penting Nulis)

cintaku tersisa sedikit. tapi cukup untuk seumur hidupmu

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi: Beningkan Matamu, Lihatlah di Sekitarmu

15 Agustus 2020   19:26 Diperbarui: 15 Agustus 2020   19:26 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Illustrated by pixabay.com

Hingga akhir menutup mata.

Ruangan sunyi usai lirik berakhir. Sepasang mata menatap ratusan pasang mata yang berair. Tiba-tiba terdengar aba-aba: Bubarkan!

Sepasang mata menjadi saksi. Bersatu kukuh, bercerai runtuh.

Tanah-tanah kosong disesaki jalan dan bangunan. Air tanah menjadi comberan, air hujan menepi ke selokan.

Kapal-kapal barang memenuhi perairan dan lautan. Ikan-ikan melarikan diri ketakutan, nelayan terlatih menepi diri di pelabuhan.

Hutan-hutan kumuh dibersihkan. Kayu-kayu tua menepi dalam bentuk ukiran. Di ajang pameran, di ruang tamu dan ruang makan, atau di ruang-ruang hotel dan restoran.

Seribu satu gambar tumbuhan dan hewan disatukan di perpustakaan. Dimasukkan dalam daftar tebal kekayaan. Kepunahan menepi dalam kenangan anak keturunan.

Hari ketiga setelah minggu kedua.

Anak negeri lakukan Ibadah di bulan merdeka. Lembar-lembar perkamen lusuh terus dibuka. Beberapa artefak usang terpasang dan dipajang. bukti atas bukti adalah peduli pada janji.

Pelaku dan saksi sejarah diwawancara ratusan media. Meminta ulang cerita dan derita semasa muda. Mata dan air mata memenuhi laman berita. Menyigi makna merdeka dalam nostalgia.

Sepasang mata menunjuk ke arah bendera, di pagi hari upacara. Berteriak dengan suara tertahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun