Kata atau istilah belajar bukanlah sesuatu yang baru, sudah dikenal sangat luas, namun dalam pembahasan belajar ini masing-masing ahli memiliki pemahaman dan definisi yang berbeda-beda, walaupun secara praktiknya sama.
Menurut R. Game (1989), belajar adalah suatu proses dimana suatu organisme berubah perilakunya sebagai akibat pengalaman. Selanjutnya Gagne dalam teorinya yang disebut The domains of learning, menyimpulkan bahwa segala sesuatu yang dipelajari oleh manusia dapat dibagi menjadi lima kategori, yaitu
1. Keterampilan motorik adalah keterampilan yang diperlihatkan dari berbagai gerakan badan, misalnya menulis
2. Informasi verbal adalah informasi ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan otak atau intelejensi seseorang.
3. Kemampuan intelektual adalah manusia mampu melakukan interaksi dengan dunia luar melalui kemampuan intelektualnya, misalnya mampu membedakan warna.
4. Strategi kognitif, kemampuan kognitif ini lebih ditujukan ke dunia luar, dan tidak dapat dipelajari dengan sekali saja memerlukan perbaikan dan latihan terus menerus dengan serius.
5. Sikap adalah faktor terpenting dalam belajar, karena tanpa kemampuan ini belajar tak akan berhasil dengan baik.
Baca juga : Tantangan Guru dalam Digitalisasi Pembelajaran
Burton dalam Usman dan Setiawan belajar adalah perubahan tingkah laku pada diri individu berkat adanya interaksi antara individu dengan individu lain dan individu dengan lingkungannya sehingga mereka lebih mampu berinteraksi dengan lingkungannya.
E. R. Hilgard (1962), belajar adalah suatu perubahan kegiatan reaksi terhadap lingkungan. Sementara Hamalik (2003) belajar merupakan suatu proses, suatu kegiatan, dan bukan merupakan suatu hasil atau tujuan.
B. Pengertian Hasil Belajar
Berdasarkan uraian tentang konsep belajar di atas, dapat dipahami tentang makna hasil belajar, yaitu perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa baik  menyangkut aspek kognitif, afektif dan psikomotor sebagai hasil dari kegiatan belajar.Â
Pengertian hasil belajar dapat diartikan sebagai tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam skor yang diperoleh dari hasil tes mengenai sejumlah materi pelajaran tertentu.
Baca juga : Dampak Siswa Dalam Penggunaan Gadget pada Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19
C. Macam-Macam Hasil Belajar