Mohon tunggu...
Syarifatuz Zakiyah
Syarifatuz Zakiyah Mohon Tunggu... Guru - mahasiswa di kampus IAIN Jember

mahasiswa semester 6 angkatan 2017 di prodi Manajemen Pendidikan Islam

Selanjutnya

Tutup

Money

Analisis Ide Bisnis

7 April 2020   21:48 Diperbarui: 7 April 2020   22:10 2311
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

ANALISIS IDE BISNIS

Ide usaha atau bisnis merupakan respon seseorang untuk memecahkan masalah dengan cara identifikasi untuk memenuhi kebutuhan suatu lingkungan yaitu pasar ataupun masyarakat. Langkah awal yang dilakukan dalam mencari ide bisnis yaitu merubah keinginan kreatifitas pengusaha menjadi bisnis. Ide bisnis bisa dari mana saja, akan tetapi diperlukan kerja nyata untuk mewujudkan ide-ide tersebut sehingga menjadi bisnis yang sangat menguntungkan.

Langkah awal dalam menentukan bisnis yang akan kita jalankan dengan cara melihat kebutuhan permintaan pasar, keahlian dan keterampilan yang harus dimiliki, hobi dan minat, serta jaringan atau relasi.

Cara untuk mengembangkan ide bisnis di era industry 4.0  yang baru itu  terdiri dari pertimbangkan dan analisa target pasar, catat dan kembangkan ide yang dimiliki, surve target pasar, kembangkan produk yang dimiliki, kumpulkan testi produk, berfikir kedepan, kenali resiko dan tantangan dan carila dana dalam berbisnis.

Ciri-ciri peluang usaha yang potensial yaitu mempunyai nilai jual yang tinggi, bisa bertahan lama dan bertahan dipasar,skala usaha dapat diperbesar, tidak terlalu banyak modal yang digunakan.

Ciri-ciri peluang usaha yang baik yaitu tidak meniru orang lain, harus dapat mengantisipasi peruhan di psar, optimis untuk mewujudkan usaha, kelayakan produk yang dijual dan adanya rasa senang dalam melakukan usaha.

Factor yaitu internal dan eksternal. Factor internal adalah keadaan yang dimulai dari diri kita sendiri, contohnya memulai usaha harus memiliki pengetahuan tentang usaha yang akan kita kembangkan. Menjalankan suatu usaha yang telah kita pelajari, pengalaman di dunia bisnis, kemampuan menyelesaikan masalah, pemahaman dari kondisi dan situasi. Factor eksternal sendiri adalah sesuatu yang dimulai dari luar diri kita sendiri. Seperti masalah yang muncul dan belum terselesaikan.

Sumber munculnya peluang terdiri dari dalam diri kita sendiri seperti hobi, pengetahuan ataupun hal-hal yang telah kita pelajari. Kemudian sumber dari lingkungan seperti dari orang tua kita dan kerabat lainnya. Sumber munculnya peluang dari konsumen seperti saran, komentar dan lain-lain. Dan yang terakhir dari perubahan yang terjadi.

Model lima langkah pembuatan ide bisnis terdiri dari membangun jaringan yang memiliki tujuan,berfikir tentang gambaran besar mengenai bisnis, berani berexperimen, berhenti merencanakan dan mulai melaksanakan, fikirkan nilai dari produk yang akan kita buat, menghasilkan produk yang berkualitas, membuat skala yang pintar dan bersiap untuk gagal.

Dengan menganalisis ide berbisnis ini diharapkan dapat memberikan ide awal bagi kita untuk memulai sebuah bisnis yang baru dan dapat berkembang di dunia pasar. Serta kita bisa mempertahankan produk yang telah kita buat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun