Mohon tunggu...
Zakiyatul Ayuni
Zakiyatul Ayuni Mohon Tunggu... Akuntan - Zakiyatul A'yuni

Pejuang sarjana

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Problematika Pembelajaran yang Mempengaruhi Pemahaman Siswa

16 April 2022   10:32 Diperbarui: 16 April 2022   10:35 534
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pelaksanaan pembelajaran terkadang dapat menimbulkan masalah yang tidak diduga sejak awal, sehingga akan menjadi penghambat untuk kelancaran pelaksanaan pembelajaran. 

Agar aktivitas-aktivitas pembelajaran yang dilakukan guru dapat lebih terarah, alangkah baiknya guru memahami tentang masalah belajar siswa, sehingga guru bisa menemukan solusi yang dianggap benar, jika menemukan masalah-masalah di dalam proses pembelajaran yang pada umumnya terjadi peserta didik kelas VI.

Problematika yang berkaitan dengan Peserta Didik

Peserta didik ialah setiap orang yang menerima pengaruh dari seseorang atau sekelompok orang yang menjalankan kegiatan pendidikan. Peserta didik dijadikan sebagai pokok persoalan dalam interaksi edukatif. Peserta didik dijadikan sebagai pokok persoalan dalam semua kegiatan pendidikan dan pembelajaran. 

Sebagai pokok persoalan, peserta didik memiliki kedudukan yang menetapkan posisi yang menentukan dalam sebuah interaksi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa peserta didik ialah “kunci” yang menentukan untuk terjadinya interaksi edukatif.

Berdasarkan hal tersebut, masalah yang muncul adalah peserta didik belum bisa mengembangkan dirinya (termotivasi) untuk belajar secara mandiri terutama ketika guru meninggalkan kelas, dalam situasi ini siswa biasanya membuang-buang waktu dengan main-main. 

Disamping itu, masalah yang mungkin muncul dalam proses pembelajaran ialah peserta didik yang pasif dalam menerima materi yang diajarkan, hal ini terjadi dikarenakan menurut sebagian peserta didik cukup merasa kesulitan dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan guru dan terkadang peserta didik malu bertanya kepada gurunya ketika merasa tidak memahami materi yang disampaikan guru. Materi pelajaran itu sendiri merupakan pengetahuan yang bersumber dari mata pelajaran yang telah diberikan di sekolah. 

Sedangkan, mata pelajaran adalah pengalaman-pengalaman manusia masa lalu yang disusun secara sistematis serta logis setelah itu diuraikan dalam buku-buku pelajaran dan selanjutnya isi buku itu yang harus dikuasai oleh peserta didik.

Problematika yang berkaitan dengan Penguasaan dan Pengembangan Materi Pelajaran

Materi pembelajaran pada hakekatnya adalah pengetahuan, nilai-nilai dan keterampilan sebagai isi dari suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Secara sederhana, materi pembelajaran merupakan berbagai sumber belajar yang dapat dimanfaatkan secara langsung ataupun tidak langsung untuk kepentingan kehidupan. Materi pembelajaran harus disesuaikan dengan tuntutan dan kehidupan peserta didik, sehingga mereka tidak akan terasing dari lingkungan sebagai tempat hidupnya sehari-hari.

Kemampuan guru dalam penguasaan atau ilmu pengetahuan yang diajarkan bisa dipadukan dengan kemampuan mengajar yang baik bisa menjadikan guru dapat berwibawa dihadapan peserta didiknya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun