Peran psikologi dalam mengatasi gangguan belajar pada anak di sekolah sangatlah penting. Gangguan belajar bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik dari internal anak (seperti kesulitan konsentrasi, masalah emosional, atau gangguan neurologis) maupun dari faktor eksternal (seperti lingkungan belajar yang kurang mendukung, metode pembelajaran yang tidak sesuai, atau masalah keluarga). Psikologi memberikan kerangka kerja untuk memahami penyebab, gejala, dan strategi mengatasi gangguan belajar, sehingga anak dapat belajar dengan optimal.
Â
Berikut beberapa peran penting psikologi dalam mengatasi gangguan belajar:
Â
1. Identifikasi dan Diagnosis:
Â
- Psikolog pendidikan dapat melakukan asesmen untuk mengidentifikasi anak yang mengalami gangguan belajar. Asesmen ini meliputi pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes psikologi.
- Diagnosa gangguan belajar dilakukan berdasarkan hasil asesmen, sehingga dapat ditentukan jenis gangguan belajar yang dialami anak, seperti gangguan konsentrasi, disleksia, disgrafia, diskalkulia, atau gangguan emosional yang memengaruhi belajar.
Â
2. Pengembangan Strategi Intervensi:
Â