Mohon tunggu...
Zainal Fauzi
Zainal Fauzi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Psikologi S1 Universitas Mercu Buana

Zainal Fauzi | 46122120042 | Fakultas Psikologi | Universitas Mercu Buana | Dosen: Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak | MK Kewirausahaan 1 -"Berada dalam proses untuk mencapai pemahaman mendalam tentang pikiran manusia melalui teori serta metode dari sudut pandang Psikologi"-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Proposal Bisnis Model SWOT pada bisnis "Layanan Healthy Home Delivery Catering Berbasis Langganan/Subscription"

16 September 2023   20:08 Diperbarui: 16 September 2023   20:11 506
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Introduction.

Nama Bisnis: Layanan Healthy Home Delivery Catering berbasis langganan/subscription.

Tentu saja, di era yang serba cepat saat ini, menjaga pola makan yang sehat telah menjadi suatu tantangan yang semakin besar. Waktu sering kali menjadi suatu komoditas yang langka, kesulitan merencanakan dan memasak makanan sehat seringkali membuat banyak orang terjebak dalam pola makan yang kurang seimbang. Mencari waktu untuk berbelanja bahan makanan berkualitas, memikirkan menu yang sehat, dan kemudian memasaknya bisa menjadi tugas yang memakan waktu dan tenaga.

Maka dari itu, hadirnya Layanan Langganan Makanan Sehat Saji dapat menjadi solusi yang praktis, bagi keluarga/individu yang juga ingin menikmati hidangan rumahan lezat, dan memiliki gizi seimbang tanpa harus terjebak dalam riwehnya belanja bahan mentah, serta memasak makanan rumah yang sehat dan bergizi.

Layanan Langganan Makanan Sehat Saji menjawab tantangan keseharian dengan cara yang praktis dan inovatif. Bisnis ini percaya bahwa makanan sehat bukanlah hak eksklusif bagi mereka yang memiliki banyak waktu untuk memasak atau berbelanja. Makanan sehat adalah hak semua orang, dan bisnis ini mempunyai berkomitmen untuk membawa makanan berkualitas ke setiap rumah tanpa perlu repot-repot. 

Layanan Langganan Makanan Sehat Saji menghadirkan konsep langganan bulanan yang akan mengantarkan hidangan lezat, sehat, dan siap saji langsung ke pintu rumah pelanggan. Bisnis ini memiliki pemahaman bahwa setiap individu memiliki kebutuhan dan preferensi makanan yang berbeda-beda, oleh karena itu, menu pada layanan ini dirancang dengan cermat untuk memberikan beragam pilihan makanan yang bergizi dan sesuai dengan selera. Dengan berbagai pilihan menu yang terus diperbarui, bisnis ini memastikan bahwa pelanggan tidak hanya mendapatkan pola makan yang seimbang tetapi juga tetap terkesan dengan variasi hidangan kami.

Kenyamanan adalah salah satu prinsip inti dari bisnis ini. Dengan berlangganan Layanan Makanan Sehat Saji, Pelanggan dapat menghindari ker sehari-hari dalam merencanakan, berbelanja, dan memasak makanan. Selamat tinggal antrian panjang di supermarket, waktu yang terbuang di dapur, dan kerumitan dalam menentukan apa yang harus dimasak setiap harinya. Bisnis ini mampu mengurus semuanya, dari persiapan makanan hingga pengiriman, sehingga pelanggan dapat fokus pada hal-hal yang benar-benar penting dalam hidupnya.

Analisis SWOT

Strength:

  • Kualitas dan Ragam: Hidangan yang disiapkan oleh koki pada bisnis ini dikenal dengan rasa dan ragamnya, sesuai dengan berbagai preferensi diet.
  • Model Berlangganan: Model berlangganan bulanan bisnis ini memberikan pendapatan yang konsisten dan mempertahankan pelanggan.
  • Layanan Pengiriman: Bisnis ini menyediakan layanan pengiriman tanpa masalah, menghemat waktu dan usaha pelanggan.

Weakness: 

  • Langganan mungkin memerlukan komitmen keuangan awal, yang mungkin menghambat beberapa pelanggan.
  • Layanan pengiriman pada bisnis ini terbatas pada wilayah perkotaan,dan hal tersebut membatasi jangkauan operasi/pemasaran.

Orientation:

  • Pasar yang Sadar Akan Kesehatan: Tren konsumen yang semakin peduli dengan kesehatan memberikan peluang signifikan.

Threat:

  • Persaingan Ketat: Industri catering makanan sehat bersaing ketat dengan pemain yang sudah mapan.

Action Plan

Pemasaran:

  • Mengembangkan situs web menarik dan aplikasi mobile yang mudah digunakan untuk berlangganan dan memilih menu.
  • Melaksanakan kampanye pemasaran online yang menyoroti manfaat dari langganan makanan sehat bisnis ini.

Keuangan:

  • Menawarkan berbagai paket berlangganan untuk mencakup berbagai anggaran.
  • Memantau biaya bahan makanan dan meminimalkan pemborosan makanan untuk menjaga profitabilitas.

Pengiriman:

  • Memperluas jaringan pengiriman bisnis ini untuk mencakup lebih banyak wilayah perkotaan.
  • Menyediakan jadwal pengiriman yang fleksibel untuk menyesuaikan dengan preferensi pelanggan.

Kesimpulan

Langganan Makanan Sehat Saji berkomitmen untuk menyederhanakan perjalanan pelanggan menuju gaya hidup yang lebih sehat. Dengan hidangan yang disiapkan oleh koki profesional dan layanan berlangganan yang praktis, pelanggan dapat menikmati makanan bergizi dan lezat tanpa stres merencanakan dan memasak.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun