Mohon tunggu...
Zainal Abidin
Zainal Abidin Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

olahraga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menggali Potensi Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar

13 Desember 2023   10:46 Diperbarui: 13 Desember 2023   10:59 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apa itu menggali potensi? Dalam konteks Pendidikan, potensi sering kali merujuk pada kemampuan siswa untuk belajar, berkembang, dan mencapai prestasi akademik yang tinggi. Potensi akademik dapat mencakup kemampuan kognitif seperti pemahaman, analisis, sintesis, dan evaluasi. Menggali potensi berarti mengidentifikasi dan mengembangkan kemampuan yang ada dalam diri seseorang, ketermpilan, bakat, atau karakter. Ini melibatkan memberikan kesempatan, dorongan, dan sumber daya yang diperlukan agar individu dapat mencapai potensi terbaik mereka.

Cara menggali Potensi Siswa disekolah dasar

Sebelum membahas cara guru menggali potensi siswa, sudahkah guru mengetahui apa potensi yang dimiliki oleh siswa? Jika belum, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu potensi siswa terlebih dahulu.

Dilansir dari Quipper.com Selain memiliki potensi yang berbeda-beda, tidak semua siswa mau menunjukkan potensi yang mereka miliki. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang belum mengetahui potensi yang dimiliki. Oleh karena itu, perlu membantu siswa menemukan potensi yang dimiliki. Setelah itu, barulah bisa membantu mereka untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi yang dimiliki.

Berikut adalah beberapa cara mengetahui potensi siswa sekolah dasar:

            Bertanya langsung pada orang tua siswa: adalah salah satu cara terbaik untuk mengetahui potensi yang dimiliki siswa. Hal ini dikarenakan, siswa mungkin lebih mudah terbuka dengan orang tua mereka dibandingkan guru.

  • Observasi: Melalui observasi, guru dapat memperhatikan perilaku, minat, keterampilan, dan kemampuan siswa dalam berbagai situasi. Observasi dapat dilakukan selama kegiatan kelas, kegiatan ekstrakurikuler, atau interaksi sehari-hari dengan siswa. Dengan mengamati siswa secara cermat, guru dapat mengidentifikasi potensi yang mungkin dimiliki oleh siswa.
  • Tes dan penilaian: Tes dan penilaian dapat digunakan untuk mengukur kemampuan akademik, keterampilan, dan potensi siswa. Tes standar, tes proyek, atau penilaian formatif dan sumatif dapat memberikan gambaran tentang kemampuan siswa dalam berbagai bidang seperti matematika, bahasa, sains, seni, atau olahraga. Tes kepribadian atau tes minat juga dapat membantu mengidentifikasi potensi karakter dan minat siswa.
  • Portofolio: Membuat portofolio siswa dapat membantu mengumpulkan dan mengevaluasi karya, proyek, atau prestasi siswa dalam berbagai bidang. Portofolio dapat mencakup tulisan, gambar, karya seni, proyek ilmiah, atau prestasi lainnya. Dengan melihat portofolio siswa, guru dapat melihat perkembangan, minat, dan potensi siswa dalam jangka waktu yang lebih lama.
  • Diskusi dan wawancara: Melakukan diskusi dan wawancara dengan siswa dapat membantu guru memahami minat, tujuan, dan aspirasi siswa. Dalam percakapan ini, guru dapat menanyakan tentang minat mereka, apa yang mereka nikmati, apa yang ingin mereka capai, dan bagaimana mereka melihat diri mereka di masa depan. Informasi ini dapat memberikan wawasan tentang potensi dan kebutuhan siswa.
  • Kolaborasi dengan orang tua: Melibatkan orang tua dalam proses pengamatan dan evaluasi dapat memberikan informasi tambahan tentang potensi siswa. Orang tua sering kali memiliki pemahaman yang mendalam tentang minat, bakat, dan perkembangan anak mereka di luar lingkungan sekolah. Melalui diskusi dengan orang tua, guru dapat memperoleh wawasan yang lebih lengkap tentang potensi siswa.

Penting untuk menggunakan berbagai metode dan sumber informasi untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang potensi siswa. Setiap siswa adalah individu yang unik, dan potensi mereka dapat bervariasi dalam berbagai bidang. Dengan menggunakan berbagai cara untuk mengetahui potensi siswa, guru dapat memberikan dukungan dan pengembangan yang sesuai untuk membantu siswa mencapai potensi terbaik mereka.

Penting untuk dicatat bahwa setiap siswa adalah individu yang unik, dan potensi karakter mereka yang bervariasi. Oleh karena itu, Pendidikan perlu menggunakan berbagai metode dan strategi yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter individu siswa untuk menggali potensi karakter mereka secara efektif. Dengan pendekatan yang holistik dan beragam, sekolah dapat membantu siswa mengembangkan potensi karakter mereka dengan baik dan mempersiapkan mereka untuk masa depan yang sukses.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun