Mohon tunggu...
Zaimah Dzati Bayani
Zaimah Dzati Bayani Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswi UNIDA GONTOR

Fakultas Ushuluddin Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bagaimana Cara Mengelola Waktu?

5 September 2021   07:26 Diperbarui: 5 September 2021   07:29 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Memang pembagian waktu dalam setiap urusan sangatlah penting. Berusaha untuk menjalani amanah yang ada di diri kita dengan melakukannya sebaik dan sekuat tenaga. Meski semua pekerjaan belum bisa dikatakan sempurna, paling tidak kita berusaha untuknya. 

Lalu gimana sih cara agar semua urusan kita bisa berjalan dengan baik?  Salah satu caranya ada di dalam manajemen waktu. Time management memiliki 2 arti yaitu time berarti waktu dan management yang artinya seni mengelola. 

Management itu adalah proses yang dilakukan seseorang atau kelompok untuk mencapai tujuan. Jadi harus ada yang mau dicapai. Apabila hidup kita tidak bisa di manage, berarti hidup kita belum punya tujuan yang jelas. 

Pertanyaannya adalah, apa yang mau di manage seandainya tujuannya juga tidak ada? maka time management sangat terkait dengan tujuan kita. 

Yang paling terkenal dalam time management adalah P.O.A.C yaitu: Planning (merencanakan), Organizing (mengorganisasi), Actuating (mengeksekusi), Controlling (mengevaluasi). Maka dari itu kalau kita ingin memanejemen waktu maka, kita harus tau tujuan kita terlebih dahulu. 

#Semangatuntukhiduplebihbaiklagi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun