Mohon tunggu...
Zailina Inong
Zailina Inong Mohon Tunggu... Guru - Guru

Seorang guru yang hobby membaca majalah dan buku-buku cerita dan topik yang saya sukai adalah kegiatan memasak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Suka Duka Mengikuti PPG Dalam Jabatan

3 Desember 2023   12:30 Diperbarui: 3 Desember 2023   12:33 271
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar: Dokumen Pribadi poto saat mengikuti zoom PPG


Terpanggilnya saya dalam Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan suatu hal yang sangat luar biasa dan meng gembirakan sekaligus sangat mengharukan.

Tidak semua guru guru se Indonesia bias mendapatkan kesempatan tersebut.

Butuh waktu dan kesabaran yang sangat lama terutama bagi saya sendiri.

Sudah berulangkali saya mengikuti Seleksi Akademik sebagai syarat untuk terpanggilnya dalam PPG tersebut. Mengingat usia saya yang hampir memasuki masa pensiun rasanya sudah tidak ada harapan lagi untuk di panggil  mengikuti PPG. Tapi  ALLAH SWT sudah berkehendak dan Alhamdulillah saya mendapat pemberitahuan dari  SIMPKB , bahwa saya dipanggil sebagai  salah satu peserta PPG Daljab  Angkatan   II di LPTK  Tanjungpura,rasa terharu bercampur gembira tak tidak terhingga dan puji syukur kepada  ALLAH SWT yang sudah menjawab doa doa saya selama ini.

Saya bertekad akan mengikuti amanah ini yang sudah di tujukan kepada saya walaupun kondisi kesehatan saya saat ini dalam keadaan  tidak  baik baik saja, manalagi saya yang tidak begitu bisa dalam menggunakan laptop.

Dukungan keluarga dan teman teman membuat saya kuat dan bersemangat.

Program Pendidikan Guru (PPG) merupukan salah satu program dari Kemendikbudristek untuk menuntaskan Pendidikan Profesi Guru sesuai amanat  UU No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Sejak tahun 2021 sampai tahun 2022 , PPG Dalam Jabatan dilaksanakan secara daring ( 0nline ).

Awalnya karena  Pandemik Covid  19 yang mengharuskan semua orang untuk  berada di rumah dan tidak boleh beraktifitas di luar sehingga proses pembelajaran di laksanakan secara daring.

Alhamdulillah berkat terobosan Bapak Menteri Pendidikan pada waktu itu menetapkan bahwa kami guru guru yang mengikuti  PPG dari seluruh wilayah  yang ada di Indonesia ini dipertemukan pada kesempatan kuliah secara daring melalui  SIMPKB  di kelas  LMS .

Kesempatan ini insyaallah akan saya pergunakan dengan sebaik baiknya karena saya berpikiran  bahwa kesempatan tidak akan datang untuk kedua kalinya. Dan tidak lupa doa saya panjatkan  kepada  ALLAH SWT  yang sudah memberikan rezeki dan kesempatan  kepada saya.

Melalui  tulisan ini saya harapkan dapat berbagi  pengalaman dengan bapak / ibu guru seluruh Indonesia tentang suka duka kami dalam mengikuti PPG Daljab  Angkatan  II Tahun 2023.

Kami  saling berbagi dalam mengerjakan tugas Lembar Kerja (LK) di LMS , saling berbagi  praktik baik jika kami menemukan kendala dalam mengerjakan tugas  di kelas LMS.

Walaupun kami semua tidak berada di suatu tempat tinggal tapi kami selalu kompak dalam segala hal pada PPG ini.

Pengalaman bahagia dan suka kami dapatkan saat pertama  kali kami di kumpulkan dalam 1 kelompok besar yang terdiri dari 466 orang dari berbagai propinsi yang  ada di Indonesia.

Kemudian kami dibagi menjadi menjadi kelompok kecil yang terdiri dari 30 orang perkelompok.

Dan kelompok ini di bagi lagi menjadi kelompok yg lebih kecil lagi, yg beranggotakan 10 orang perkelompok.

Saya sendiri menjadi anggota kelompok 1 pada kelas 14  dengan 1 Dosen dan 1 Gurung Pamong.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun