Apakah kalian sedang bekerja? dan berpikir untuk keluar dari tanggung jawab sebagai pegawai di sebuah perusahaan. Mengundurkan diri dari sebuah perusahaan atau biasa kita sebut resign merupakan hal yang biasa di dunia kerja.
Kita melakukan resign pasti ada faktor yang melatar belakangi, baik itu faktor internal maupun faktor eksternal.
faktor internal antara lain gaji, kondisi tempat kerja dan lain - lain. Sedangkan faktor eksternal bisa disebabkan karena jarak dari rumah ke kantor dan bisa disebabkan keluarga yang tidak merestui.
Perusahaan yang baik dapat dilihat dari karyawan yang resign di setiap tahun. Semakin kecil tingkat resign maka perusahaan tersebut berhasil membuat karyawan betah bekerja di perusahaan tersebut. Tetapi tidak sedikit perusahaan yang memiliki pegawai baru dan yang melakukan resign sangat tinggi hal tersebut tentu dijadikan indikator bagi masyarakat luar melalui pengalaman dan cerita dari pegawai yang pernah bekerja disitu.
Faktor - faktor mengapa karyawan melakukan resign :
1. Gaji yang tidak sesuai dengan apa yang kita kerjakan
Gaji atau uang kerja merupakan uang yang diberikan kepada kita dari perusahaan yang diberikan secara berkala. Gaji biasanya disepakati dalam suatu kontrak kerja. Mungkin kalian berpikir.
bahwa alasan resign pasti karena gaji yang terlalu kecil, sebagian memang benar tetapi sebagian yang lain mungkin bukan karena masalah gaji.
Jika gaji yang diberikan tidak mampu mengimbangi kebutuhan kalian, itu bisa menjadi alasan resignnya seorang pegawai. Mungkin memang gaji yang kecil disebabkan pekerjaan yang terlalu berat namun apabila kita sudah melakukan pekerjaan yang berat namun tetap saja gaji kalian kecil.
Tidak sedikit perusahaan yang yang kurang baik dalam hal menyejahterakan karyawan, seperti menekan gaji pegawai seminim mungkin agar mendapatkan keuntungan pribadi yang maksimal.
2. Lokasi yang tidak strategis
Lokasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi minat pegawai untuk memilih mempertahankan diri di perusahaan. Selain biaya transportasi dan waktu yang dibutuhkan dalam perjalanan berangkat pulang kerja, wilayah yang baik juga diperlukan agar karyawan betah bekerja di perusahaan tersebut. Sebagai contoh lokasi yang bebas dari polusi, banjir dan kemacetan.
3. Atasan dan rekan yang tidak mendukung
Rekan dan atasan adalah orang yang selalu ada di tempat kita bekerja, namun beberapa perusahaan memiliki karyawan yang tidak baik perilakunya kepada karyawan lain. Hal ini membuat karyawan itu merasa tertekan setiap kali bertemu atau bekerja sama dengan rekan kerjanya. Tidak jarang juga atasan berperilaku kurang adil kepada semua karyawannya dikarenakan hubungan atasan kepada karyawan lain yang membuat karyawan merasa dikucilkan di perusahaan itu.
Setelah kalian mengetahui alasan apa yang membuat kalian ingin melakukan resign saya akan memberikan informasi mengenai hal - hal yang perlu diperhatikann sebelum kalian resign. Â Hal - hal yang perlu diperhatikan sebelum kalian resign ini berguna agar kalian nanti lebih nyaman dan tidak ada beban setelah keluar dari perusahaan.
1. Menuntaskan pekerjaan yang sedang kalian tangani
Jika pada saat kalian ingin melakukan resign, sebaiknya kalian segera menuntaskan pekerjaan yang sedang kalian tangani, Pastikan kalian tidak memilik tanggungan di perusahaan setelah kalian resign. Tanggungan yang dimaksud disini adalah tanggungan jangka pendek maupun jangka panjang. Misalnya kalian sedang menangani proyek dengan klien berjangka waktu 3 bulan, berarti kalian harus menunggu 3 bulan baru setelah itu melakukan resign.
2. Memberi tahu ke atasan atau HRD
Sebelum mengajukan surat pengunduran diri, kalian bisa diskusi ringan dengan atasan atau HRD di tempat kalian berkerja. Tujuan dari diskusi itu agar kalian tidak ditambahi tugas tambahan, sehingga kalian bisa menyelesaikan pekerjaan yang masih berjalan. Selain itu pihak HRD juga memiliki waktu untuk mencari penggantimu.