dalam suatu organisasi maupun perusahaan diperlukan adanya suatu manajemen yang terstruktur untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. jika suatu organisasi tidak memiliki suatu manajemen yang baik maka dapat mengakibatkan suatu organisasi atau perusahaan tidak akan berjalan secara efisien dan efektif
 apa itu manajemen ?
manajemen merupakan suatu apa yang dilakukan oleh seorang manajer, mulai dari planning (perencanaan), mengatur, membuat keputusan, mengkomunikasikan, memotivasi dan mengendalikan dalam suatu organisasi. dengan kata lain manajemen merupakan kegiatan koordinasi dan mengawasi kegiatan organisasi sehingga berjalan secara efisien dan efektif. sedangkan siapa yang dimaksud dengan seorang manajer? manajer merupakan seseorang yang bekerja dengan mengelola aktivitas orang lain untuk mencapai tujuan organisasi dengan cara yang efisien dan efektif
efisien yang dimaksud adalah mendapatkan hasil yang maksimal dengan usaha yang tidak terlalu banyak. manajer bekerja dengan memanfaatkan sumber daya sebaik mungkin, mulai dari sumber daya uang, orang, waktu dan peralatan. sedangkan efektif adalah dengan melakukannya hal yang benar sesuai dengan tujuan organisasi yang telah ditetapkan
terdapat beberapa fungsi kunci dari manajemen yang dapat diterapkan oleh seorang manajer yaitu adalah metode POACE. metode POACE, Â merupakan sebuah tahapan planning, organizing, actuating, controlling dan evaluasi yang digunakan untuk mengelola organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuan. Dalam planning manajer akan merencanakan suatu kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Dalam tahap organizing manajer akan mengkoordinasikan sumber daya manusia dan sumber daya fisik untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Actuating, manajer akan melakukan kegiatan pengarahan SDM untuk mengerjakan tugas sesuai dengan kemampuannya agar bekerja secara optimal. Controlling, kegiatan mengawasi proses pelaksanaan agar sesuai dengan rencana yang ditetapkan. Setelah itu manajer akan melakukan evaluasi, yaitu kegiatan penilaian atas kegiatan yang telah dilaksanakan dengan perencanaan tujuan yang telah ditetapkan.
selain dapat menerapkan fungsi manajemen POACE, manajer juga harus memiliki beberapa keterampilan berupa, conceptual, interpersonal dan technical.Â
Keterampilan konseptual memungkinkan manajer untuk melihat korporasi sebagai sebuah entitas yang lengkap dan memahami bagaimana korporasi dibagi menjadi beberapa departemen untuk mencapai tujuan tertentu. Keterampilan konseptual memungkinkan manajer puncak untuk melihat keseluruhan korporasi, terutama saling ketergantungan dari berbagai departemen
Manajer perlu memimpin, mempengaruhi, berkomunikasi, mengawasi, melatih, dan mengevaluasi kinerja karyawan. Ini membutuhkan tingkat interpersonal yang tinggi keterampilan manusia. Kemampuan untuk membangun tim dan bekerja dengan orang lain adalah keterampilan manusia yang perlu ditanamkan oleh manajer.
Manajer perlu memiliki keterampilan teknis yang diperlukan untuk memahami dan menggunakan teknik, metode, peralatan, dan prosedur modern. Keterampilan ini lebih penting untuk tingkat manajemen yang lebih rendah. Ketika seorang manajer naik pangkat, kebutuhan akan keterampilan teknis berkurang dan kebutuhan akan keterampilan konseptual meningkat.Â
Referensi : Introduction to Hospitality Management (John R. Walker Josielyn T. Walker)